LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul Hadiri Rakornas ke- 2 LPPL Radio dan Televisi Nasional di Jakarta

  • Bagikan
Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Rohul. M. Yudi Arfian SP M.Si beserta staf lainnya, ikut hadiri Focus Group Discussion (FGD) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ke-2 LPPL Radio Televisi Nasional 2019.

 

RIAUDETIL.COM,JAKARTA – LPPL Radio Swara Lima Luhak (RSLL) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tergabung di Asosiasi Pengelola Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio dan Televisi, ikut menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ke-2 LPPL Radio Televisi Nasional 2019, Kamis (28/2/2019) kemarin.

Kehadiran itu, sebagai bentuk komitmen, tingkatkan eksistensi penyebarluasan infomasi ke masyarakat melalui Radio dan dengan harapan bisa sharing informasi dengan LPPL lainnya se Indonesia.

Rakornas LPPL Radio Televisi Nasional 2019 dimulai 28 Februari hingga 1 Maret 2019 dipusatkan di Hotel Best Western Mangga Dua, Jakarta Pusat. Dikegiatan itu mengusung Tema “Mari Kita Kawal Keutuhan NKRI Melalui Penyiaran Sampai Batas Negeri Dalam Mendukung Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Era Digital”.

Dalam Rakornas tersebut, diikuti 150 LPPL Radio dan Televisi se Indonesia, termasuk salah satu diantaranya LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Kabupaten Rohu;, ang ikut berpartisipasi dalam kegiatan FGD dan Rakornas Ke-2 LPPL Radio Televisi Nasional 2019 tersebut.

Perwakilan LPPL Radio Swara Lima Luhak dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Rohul Gorneng S.Sos M.Si yang diwakilkan oleh Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) M. Yudi Arfian SP M.Si beserta staf lainnya.

Dalam kegiatan itu, juga dihadiri sekaligus menjadi narasumber dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Sony Soemarsono MDN dan Sekretaris Jendral Kementrian Kominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si dengan moderator, Dr. Farhil Huda, M.Pd.

Rakornas dipimpin langsung Ketua Asosiasi Asosiasi LPPL Radio dan Televisi Nasional yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim ST MM, MBA. Selain Rakornas, juga digelar Focus Grup Discussion (FGD),

Kemudian, terkait tatakelola program-program LPPL dan penyiarannya FGD dengan narasumber Dirjen OTDA Kementrian Dalam Negeri Dr. Sony Soemarsono MDN dan Sekretaris Jendral Kementrian Kominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si.

Diakui Ketua Asosiasi Asosiasi LPPL Radio dan Televisi Nasional Erwin Ibrahim ST MM, MBA, substansi dalam kegiatan itu dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) terkait cegah tangkal penyebaran berita palsu (Hoax) sekaligus pengukuhan pengurus asosiasi LPPL Radio Televisi Nasional.

“Dari 514 Kabupaten/Kota se Indoneia, tercatat yang sudah mempunyai LPPL Radio dan Televisi sebanyak 180 daerah,” ungkapnya dalam sambutan.

Erwin mengakui, dalam Kepengurusan LPPL yang baru terbentuk ini terdapat kekosongan kepemimpinan karena Sekjen yang sebelumnya mengundurkan diri.

Usai mendengar diskusi dari peserta juga kedua kandidat Sekjen yaitu Gabril Majid (Suka Bumi) dan Farid Sofian ( Kalsel), Erwin memutuskan Gabril Majid menjadi Sekjen Asosiasi LPPL Radio – Televisi Nasional se-Indonesia. Gabril yang juga Kadis Kominfo Kota Sukabumiberharap, dengan Hasil FGD tersebut menjadi harapan Bangkitnya Asosiasi LPPL Radio – Televisi Nasional Se-Indonesia”.

Usai usai Rakornas tersebut, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) M. Yudi Arfian SP M.Si, Sabtu (2/3/2019) mengatakan, kegiatan di Rakornas ke 2 LPPL Radio Televisi Nasional 2019, banyak ilmu dan informasi

yang bisa dipetik, karena bisa share informasi dalam pengembangan dengan pengelola Radio di daerah lainnya.

Tegas Yudi Arfian lagi, informasi-informasi penting yang diperoleh melalui Rakornas bisa di implementasikan di LPPL di Rohul. Dirinya berharap dengan dibentuknya Asosiasi LPPL Radio Televisi Nasional 2019 ini bisa menjadi wadah tempat berkumpulnya aspirasi rekan-rekan LPPL di daerah-daerah, demi terwujudnya sistem Penyiaran yang terbaik untuk Radio maupun Televisi.

“Diskominfo Kabupaten Rohul sangat mendukung dibentuknya Asosiasi LPPL Radio Televisi-Nasional ini. Melalui Rakornas ini banyak juga mendapatkan masukan dari para pemateri untuk melahirkan siaran yang baik, berita edukasi untuk mencerahkan masyarakat dan termasuk menangkal informasi-informasi hoaxs,” ungkap Yudi

Ucap Yudi Arfian yang juga Mantan Kabid e-Governmen Diskominfo Rohul mengakui, LPPL Radio Swara Lima Luhak yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2013 tetang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Swara Lima Luhak dan telah mengantongi Izin Siaran Radio (ISR) dari KPID Riau, LPPL Radio Swara Lima Luhak tetap konsisten dalam menyuguhkan informasi-informasi pembangunan di Rohul.

“Eksistensi LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul memiliki peran strategis dalam penyebarluasan informasi yang mengedepankan kearifan lokal dengan konten yang berbeda dari Lembaga Penyiaran Swasta, LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul terus berinovasi dan berkreativitas dalam setiap konten siaran, baik dibidang Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial Kemasyarakatan, Adat, Religi, Olahraga dan lainya,” kata Yudi

Diakhir kegiatan, juga dilakukan pengukuhan Pengurus Asosiasi LPPL Radio – Televisi Nasional periode 2019 – 2022 oleh Dirjen OTDA Kementerian Dalam Negeri, Sony Sumarsono. Terpilih sebagai Ketua Erwin Ibrahim dan Sekjen Gabriel Madjid. Dalam kepengurusan juga dilengkapi Bendahara, Koordinator Wilayah, Kepala Bidang dan lainnya.”***(Mad).

  • Bagikan