OK OCE Disempurnakan Jadi JakPreneur, NasDem: Apa Sekadar Ganti Nama?

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanmeluncurkan JakPreneur, program baru untuk menyempurnakan program One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE). Bagaimana tanggapan Fraksi NasDem DPRD DKI?

“Fraksi NasDem menyambut baik apapun yang digagas oleh Gubernur Anies Baswedan bilamana itu untuk penyempurnaan daripada program-program terdahulu yang sudah diusung bersama-sama dengan Bang Sandi (Sandiaga Uno),” kata Ketua Fraksi NasDem Wibi Andrino saat dihubungi, Sabtu (22/2/2020).

“Tapi kita belum tahu detailnya apa. Apakah itu sekadar menggantikan nama? Ataupun ada requirement atau ingredient-ingredient baru dalam hal isi dalam daripada itu ya, Jakpreneur itu?” imbuhnya.

Wibi menyatakan NasDem mendukung program JakPrenuer. Bahkan, dia mengaku penasaran ingin mengetahui secara langsung bagaimana program tersebut dijalankan hingga disebut sebagai penyempurnaan dari OK OCE.

“Jadi kita fraksi bener-bener, ya, menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pak Anies. Tinggal isi dalamnya apa, kita belum tahu. Kita excited juga mau mendengar itu,” sebutnya.

Anies sebelumnya menyebut JakPreneur memberikan pelatihan sesuai dengan fase dari wirausahawan. Ada yang baru akan memulai, ada juga yang hanya tinggal mendapat modal.

Wibi mengingatkan Anies dan jajarannya untuk tetap mengawal setiap fasenya. Jangan sampai, apa yang telah difasilitasi kepada warga Jakarta, misalnya permodalan, menjadi sia-sia.

“Iya pelatihan, permodalan itu harus dikawal. Jangan sampai itu salah sasaran. Orang yang nggak siap diberikan modal, akhirnya wasted kan, nggak mendapatkan apa-apa juga,” imbau Wibi.

“Jadi saya harap pemerintah ini serius. Jangan hanya sekadar mem-branding bahwa kita peduli terhadap kewirausahaan ataupun masyarakat yang rentan akan kebutuhan ekonomi. Tapi benar-benar program ini menjadi program utama Pemprov DKI dalam hal pengentasan kemiskinan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan program kewirausahaan JakPreneur. Program itu disebut Anies sebagai penyempurnaan dari program One Kecamatan One Center of Entrepreneurship (OK OCE).

“JakPreneur ini, pendekatannya asimetrik. Asimetrik itu artinya memberikan solusi sesuai dengan fasenya, tidak simetris, tidak dianggap semuanya pemula. Sebagian adalah memang pemula, dari nol. Tapi sebagian sudah berjalan, tinggal fase kalau disebut tadi P-nya P1-P7,” ucap Anies dalam sambutan di acara Naturale Market by JakPreneur, di Thamrin 10, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2).***(detik.com)

 

  • Bagikan