Riau Percaya Diri Jadi Pusat Busana Muslim Berbahan Viscose Rayon

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengapresiasi komitmen Asia Pasific Rayon (APR) dalam mendorong pertumbuhan industri tekstil domestik melalui pengembangan industri tekstil dari serat kayu menjadi bahan tekstil jenis rayon.

“APR sudah mengubah dan membuat produk yang awalnya hanya pulp (bubur kertas, red) jadi kertas, sekarang jadi rayon yang menjadi bahan tekstil. Ini sangat kami apresiasi, karena apa yang dilakukan mereka ini membantu geliat industri tekstil lokal,” kata Perwakilan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau, Asrizal di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (21/2/2020) malam.

Apalagi, kata Asrizal, Pabrik APR berada di Kabupaten Pelalawan, Riau. Bahkan, pabrik produsen viscose rayon terintegrasi pertama di Asia ini juga baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat (21/2/2020) kemarin.

Tidak hanya itu saja, APR juga giat menggandeng desainer-desainer muda dan berbakat dari Riau untuk diajak kolaborasi dan  diikutsertakan dalam iven bergengsi seperti Muslim Fashion Festival (Muffest).

Contohnya tahun ini, APR menggandeng Andi Fitri Hartuti dan Thiffa Qaisty Salsabila yang merupakan anak jati Riau untuk berkolaborasi menciptakan busana muslim elegan, modis dan modern yang terbuat dari viscose rayon APR.

Hasilnya pun sangat luar biasa, bahkan ketika peragaan busana kreasi dua dara cantik dari Riau ini ditampilkan, para penikmat fashion tak henti-hentinya bertepuk tangan. Benar saja, hal ini pun sekaligus menjadi pembuktian bahwa anak-anak Riau pada dasarnya juga mampu bersaing dengan anak-anak lainnya, tak terkecuali dari ibu kota sekalipun.

Melihat segala potensi tersebut, Asrizal pun berkeyakinan hal ini sangat memungkinkan untuk Riau menjadi centralnya busana muslim yang terbuat dari bahan viscose rayon dari APR. Yang mana, anak-anak Riau yang menjadi desainernya dan APR sebagai penyedia bahan bakunya.

“Bahan bakunya sudah ada, Pabrik APR di Pelalawan juga sudah diresmikan langsung oleh pak presiden. Anak-anak kita di Riau juga banyak yang berbakat menjadi desainer, khususnya di bidang fashion muslim. Jadi kita berharap, Riau jadi central busana muslim dengan didukung oleh keberadaan APR ini,” kata Asrizal yang juga sempat lama menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian Riau ini. ***

  • Bagikan