Suasana Pulau Sebaru H-1 Jelang Kedatangan WNI ABK World Dream

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM – Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta kini tengah bersiap menambut 188 WNI anak buah kapal (ABK) World Dream. WNI ABK World Dream akan menjalani masa observasi selama 14 hari mengantisipasi virus corona atau Covid-19.

Pantauan detikcom di Pulau Sebaru, puluhan personel Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) dari TNI Polri, Kementerian dan Lembaga menurunkan logistik yang akan digunakan. Selain kebutuhan pokok seperti bahan makanan, petugas juga turut membawa mesin cuci, lemari es, toilet portabel kasur lipat, hingga alat-alat kesehatan.

Selain itu, pekerja bangunan juga silih berganti mengangkut besi cor. Besi tersebut akan digunakan untuk membuat landasan helikopter.

Bangunan yang ada di Kepulauan Sebaru ini nampak terawat meski pemerintah menyatakan kalau pulau tersebut sudah lama tidak ditinggali. Semua cat yang berwarna putih nampak masih bersih dan tidak ada yang terkelupas. Bangunan berbentuk resort ini hampir semuanya dicat berwarna putih.

Semua bangunan yang ada di Pulau Sebaru ini berbentuk panggung. Total, ada delapan gedung yang dipakai untuk observasi WNI ABK World Dream.

Dari delapan gedung yang digunakan, empat di antaranya untuk tempat tinggal WNI ABK selama menjalani observasi yakni tiga untuk laki-laki dan satu untuk wanita. Sisanya, akan digunakan untuk tempat isolasi, karantina, kesehatan dan tempat ring satu.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono, proses evakuasi akan dimulai pukul 10.00 WIB. Para ABK akan terlebih dahulu menjalani tes kesehatan dan setelah itu baru pukul 14.00 WIB KRI Dr. Soeharso (SHS) akan bertolak ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.

“Rencananya, rekan kita WNI dalam ini ABK World Dream akan melaksanakan transfer ke World Dreamke KRI SHS yg renacannya nanti jam 10.00 WIB. Kemudian akan dilaksanakan apa namanya tes darah kemungkinan dari Kemenkes. Setelah itu kurang lebih jam 13.00 atau jam 14.00 kapal SHS akan tolak menuju ke Sebaru,” ujar Yudo di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (26/2).

Yudo memprediksi, KRI Dr. Soeharso yang membawa 188 WNI ABK World Dream akan tiba di Pulau Sebaru pada Jumat (28/2). Setelah tiba, ke-188 itu akan langsung ditempat di lokasi observasi.

“Sehingga harapannya kita hari Jumat mereka sudah datang di Sebaru, kurang lebih jam 16.00 WIB. Nanti akan kita transfer ke darat,” ucap dia.***(detik.com)

 

  • Bagikan