Baharudin,SH Beberkan Kelemahan Aplikasi SIKO, BPSDM Terus Berbenah Tingkatkan Disiplin Pegawai

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, PELALAWAN – Ketua DPRD Pelalawan Baharudin,SH politisi Golkar  sependapat dengan rekannya H.Abdullah politisi PKS Wakil Ketua Komisi II agar Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui

 

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk melakukan evaluasi total terhadap aplikasi Sistem Informasi Kehadiran Online (SIKO).

 

 

” Kalau Saya malah berpikir, SIKO banyak kelemahan sehingga tidak efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan disiplin pegawai. Saya bisa buktikan itu, Saya tinggal dekat dengan kantor Bupati,DPRD dan perkantoran Bhakti Praja.Ada yang absen pakai baju tidur setelah melakukan poto untuk absensi melalui android lalu pulang.Selain itu, user name dan password bisa dititip keteman untuk cek in di hpnya.Termasuk jaringan sistem yang buruk dan lain sebagainya,” papar Baharudin, SH yang juga Wakil Ketua Asosiasi Dewan Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) ini.

 

 

Oleh karena itu, sambungnya akan lebih baik tetap melakukan absensi ASN dan honorer dengan manual dan fingerprint.

 

 

” Saya kira absensi cara lama lebih baik efektif dan efisien dibandingkan absensi dilakukan dengan android.Kita serius minta Pemkab evaluasi ini sehingga tidak ada yang dirugikan terhadap tata cara absensi melalui SIKO ini, bebernya.

 

 

Terpisah, Darlis Plt.Kepala BKPSDM Pelalawan menyebutkan latar belakang kenapa dibangunnya sistem absensi online berbasis android yakni disamping untuk dapat meningkatkan disiplin pegawai yang sangat jauh menurun juga dalam rangka mencegah penularan covid – 19.

 

 

Ditambahkannya, terkait adanya persoalan dengan absensi online berbasis android masih terjadi problem jaringan, BKPSDM sebagai pengelola sudah berusaha untuk melakukan evaluasi dan berbenah untuk penyempurnaan sistem.

 

 

” Kami juga menyadari karena ini baru,Kita laksanakan tentunya masih terdapat kekurangan dan kelemahanya. Namun disisi lain sebenarnya kita berniat baik dengan berusaha terus bagaimana caranya meningkatkan disiplin bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang akhir – akhir ini sangat jauh menurun,” ungkapnya.

 

 

Tentunya,sambung Darlis, BKPSDM mengharapkan dukungan dari semua pihak. Sebenarnya tidaklah separah yang di laporkan oleh kawan – kawan tentang masalah yang terjadi. Hal ini masih bisa didiskusikan solusinya.

 

 

“Terima kasih atas masukan  dalam rangka penyempurnaan program ini.Harapan Kami, semoga semua pihak dapat mendukung program ini dan dapat berjalan seperti yang diharapkan guna  meningkatnya disiplin pegawai yang akan berdampak pada peningkatan kinerja,” ucapnya. (ZoelGomes)

  • Bagikan