Bupati dan Wabup Rohul Hadiri Syukuran Kemenkumham RI Ke 78

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman dan Wabup Rohul H. Indra Gunawan menghadiri Syukuran Hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Ke 78, di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pengaraian, Senin (21/8/2023)

Syukuran Kemenkumham ini ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Bupati Rohul H. Sukiman, yang diberikan kepada pegawai Lapas Tertua dan yang termuda.

Atas nama Pemkab Rohul, Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan selamat Peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM RI Ke 78. Ia berharap antara Lapas dan Pemkab Rohul terus membangun sinergi dan kolaborasi bersama Pemda Rokan Hulu dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat.

“Hari ini kita bersama untuk memperingati Hari Kemenkumham RI Ke 78, kita berharap semakin hari terlindunginya hak azasi manusia, mendapatkan hidup yang layak, hak kebebasan berkumpul dan berpendapat serta nilai yang harus dijaga dan di junjung tinggi,” harap Sukiman

Lanjut Sukiman, sesuai dengan tema Kemenkumham, “Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju”, Syukuran hari Kemenkumham yang ditaja oleh Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian ini sebagai ajang silaturahmi dan tempat yang lebih memperkuat persatuan, sinergitas dan soliditas bagi seluruh pegawai Kemenkumham khususnya Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian, dalam memperkuat pelayanan publik bagi masyarakat,” ungkapnya

Eks Dandim Inhil ini mengaku khususnya di Rohul sangat menghargai peran dan keberadaan Kemenkumham khususnya Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian dalam mendukung Pemda dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan terwujudnya ketertiban serta mengayomi dan membina para warga binaan yang notabene nya warga Rokan Hulu.

“Kita berharap kerjasama yang terjalin baik selama ini terus berlanjut, Pemkab dan Kemenkumham dapat berkelanjutan yang lebih harmonis, dengan harapan mewujudkan pelayanan hukum yang berkeadilan dan merata untuk Rohul lebih maju,” harapnya

Sukiman juga mengucapkan terima kasih kepada Kalapas dan jajaran telah memberikan pembinaan dan keterampilan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian Seperti kompetensi dan keterampilan di bidang pembinaan kerohanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan bengkel.

“Dalam hidup ini perlunya pembinaan jasmani sehat rohani nya juga sehat, ini perlunya peran ustadz dalam menyampaikan tausiyah dan ceramah serta keterampilan seperti peternakan, perkebunan, kesenian dalam rangka menyiapkan hidup mereka dijalan yang benar,” ujarnya

Terkait Over kapasitas Lapas, Bupati Sukiman mengaku akan mencari solusi dan berkoordinasi dengan Lapas apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi over kapasitas sesuai dengan kemampuan Pemda.

Sementara itu, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu SH MH mengatakan peringatan Hari Kemenkumham RI Ke 78 ini bersamaan dengan launching pakaian dinas baru Lapas dengan warna Abu-Abu.

Ia menjelaskan rangkaian Peringatan Kemenkumham ini sejak 7 Juli 2023 digelar doa Kemenkumham untuk negeri, bhakti sosial, ziarah ke makam raja rambah, donor darah bekerjasama dengan PMI Rohul, olahraga, wisuda Purna Bhakti dan silaturahmi purnabakti sesepuh dan ditutup dengan Syukuran.

Terkait Over Kapasitas Lapas, Bahtiar berharap UU Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP yang 3 tahun kedepan bisa berlaku, bisa menekan angka over kapasitas. Langkah yang dilakukan pihak Lapas reintegrasi untuk meminimalisir Over Kapasitas, seperti pembinaan kemandirian, keagamaan, program integrasi seperti remisi, pembebasan bersyarat, asimilasi yang sifatnya untuk mengurangi Over kapasitas.

“Terima kasih kerjasama yang baik kepada seluruh pihak, terutama ustad dan pendeta yang telah membina kerohanian para warga binaan pemasyarakatan, selalu Bersinergi mendukung tugas kami,”

“Warga binaan kami bukan penjahat namun tersesat belum terlambat untuk bertobat, kemudian juga pembinaan warga binaan juga bukan hanya tugas petugas Lapas semata tapi semua pihak dan juga peran media pun kami harapkan supaya mendukung kami dalam tugas kami atau membina warga binaan,” harap Kalapas.

Dalam kegiatan itu, turut juga dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman, Wabup Rohul H. Indra Gunawan, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu SH MH, Ketua PN Pasir Pengaraian Rony Suata SH MH, Kakan Kemenag Rohul H. Zulkifli Syarif M.Pdi, Perbankan.

Selain itu, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Kaban Kesbangpol Rohul Irvandri S.Sos M.IP, Kadiskes Rohul dr. Bambang Triono, Kadis Dikpora Rohul Margono S.Sos, Rektor UPP Pasir Pengaraian serta Pengurus dan Anggota Dharmawanita Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian. (Advertorial Pemkab Rohul)

  • Bagikan