Bupati Resmikan Unit Usaha Baru BUMDesa Di Desa Kepenuhan Timur

  • Bagikan
Bupati Sukiman, saat menghadiri MPTB sekaligus meresmikan 2 Unit Usaha Baru Bumdesa Timur Makmur Desa Kepenuhan Timur, Kepenuhan.

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Bupati Rohul H.Sukiman, menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDeaa (MPTB),sekaligus meresmikan Dua Unit Usaha Baru Bumdesa Timur Makmur Desa Kepenuhan Timur, Selasa (10/3/2020) kemarin.

Selain Bupati juga turut serta, Bunda PAUD Rohup Hj.Peni Herawati, sejumlah Pejabat Eselon II, Camat Kepenuhan Gustia Hnedri, Kades Kepenuhan Timur Azhar AS, Kapolsek Kepenuhan dan masyarakat.

Bupati dan rombongan disambut meriah oleh masyarakat Desa Kepenuhan Timur , ketika dirinya tiba dilokasi acara Bupati payungi dengan payung Adat dan diiringi lagu selamat datang oleh Group Rebana Desa Kepenuhan Timur.

Setiba di lokasi acara, Bupati dan Bunda PAUD menyapa masyarakat dan mengajak anak anak PAUD bergembira bersama dengan menyanyikan Lagu “Anak Paud Rokan Hulu”.

Dalam laporannya, Kades Kepenuhan Timur Azhar AS memaparkan,  melalui perguliran Dldana dari tahun 2012 hingga hari ini sebesar Rp6,570 miliar dengan SHU tahun 2017 Rp63.746.747, kemudian ditahun 2018 mengalami penurunan sehingga SHU menjadi Rp53.831.515. Lalu ditahun 2019 kembali naik dengan melakukan upaya upaya intervensi dan berkoordinasi bersama pengelola BUMDesa sehingga SHU mencapai Rp73.835.950 atau dari tahun 2018 ke tahun 2019 mengalami kemajuan 40 persen..

Azhar As mengakui, tahun 2020 ini yang menjadi program prioritas desa adalah persoalan agama dan ekonomi. Dimana ekonomi dibangun melalui BUMDesa.

“Sebab saat ini UU desa dan aturan lainnya banyak memberi peluang kepada keuangan Dldesa adalah Bumdes yang memang harus kita perdayakan, dan kita ingin bumdes ini menjadi kekuatan ekonomi dan masyarakat lainnya,” kata Azhar.

Azhar menambahkan, langkah yang harus dilakukan untuk menggerakkan ekonomi Desa ini secepat mungkin harus membuat Unit usaha baru, paling tidak 2 unit usaha dalam setahun.

Bupati Sukiman dalam sambutannya menyampaikan, bahwa segala apa yang telah direncanakan Kades Kepenuhan Timur dapat berjalan dengan baik demi perkembangan Bumdes.

Seperti apa yang dipaparkan Kades, berupa perencanaan membangunan Ruko dalam rangka pengembangan Bumdes.

“Daripada kita belanja di luar lebih baik kita belanja di tempat sendiri yakni Bumdes kita yang berusaha di bidang usaha penjualan alat bangunan. Mungkin tahun depan menambah di bidang elektronik ataupun usaha yang cocok bagi masyarakat yang bisa membantu masyarakat,” sebut Bupati Sukiman.

Menanggapi harapan masyarakat berupa turap, Bupati Rohul mengatakan mudah mudahan bisa ditindak lanjuti. Sebab hal itu tugasnya badan atau wilayah air, yang mana kemaren sudah kita ajukan, mudah mudahan kita berharap pada tahun 2021 bisa terealisasi.

Bupati juga berharap ke masyarakat, agar dapat menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS), jangan sampai pohon di sekitar DAS ditebangi karena akan mengikis tepian dan akan mempengaruhi pada jalan. Karena itu masyarakat diajak bersama sama menjaga dan Pemerintah akan berusaha untuk bagaimana itu bisa segera terealisasi.

Dipenghujung Kegiatan, Bupati didampingi Hj Peni Herawati, meresmikan 2 unit usaha BUMDesa Timur Makmur berupa usaha alat bangunan dan alat alat Pertanian (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

  • Bagikan