Bupati Sukiman Kembali Terima Penghargaan Bentuk Komitmen Menurunkan Angka Stunting Di Rohul

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,ROHUL – Buah hasil dari bentuk upaya dan komitmen yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam menekan penurunan angka Stunting berdasarkan SSGI mencapai turun 3,8 Persen. ahirnya Capaian tersebut tidak sia sia dan mendapatkan Penghargaan langsung dari Gubernur Riau.

Penghargaan tersebut di terima langsung oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman bersempena dengan kegiatan Rakor Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesnas/JKN) kabupaten/kota se Provinsi Riau di Ball Room SKA Co-Ex Pekanbaru yang diserahkan Gubernur Riau yang diwakili Asisten I provinsi Riau Masrul Kasmy didampingi , Senin (31/7/2023).

Dimana Penghargaan tersebut merupakan prestasi atas penurunan Prevalensi angka stunting berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) yang mana dari 58,9 persen turun di tahun 2022 hingga diangka 22 persen yang mana mencapai 3,8 Persen dalam setiap tahunnya dan untuk tahun 2023 akan diketahui pada Desember 2023.

“Angka Stunting di Rokan Hulu saat ini berada di angka 22 persen terhitung tahun 2022 dan harus diturunkan sesuai capaian yang akan di raih hingga 14 persen di tahun 2024″ ungkap Bupati Sukiman.

Dalam artian untuk pemenuhan akan gizi anak yang terdampak stunting tersebut terus akan di upayakan, sehingga akhir tahun 2024 telah dapat meminimalisir penurunan angka stunting mencapai target dari capaian Nasional.

Dikatakan Bupati Rohul H.Sukiman Melalui Kepala Dinas Keluarga Berencana drg.Leni Sumbari bahwa dalam mencapai target nasional hingga diangka 14 persen di tahun 2024 maka Semua lini harus ikut terlibat baik OPD terkait stunting memasukkan program program nya di desa lokus stunting. Dan Kecamatan juga harus mengintervensi Desa desa agar menggiatkan posyandu dan pendampingan tim pendamping keluarga pada remaja, calon pengantin, ibu hamil dan pasca persalin sampai anak umur 2 thn.Dimana Desa mengganggarkan untuk kegiatan stunting sehingga semuanya dapat terpantau dengan baik.

” Dalam waktu dekat ini kita akan adakan rembuk stunting tingkat Kabupaten yg dihadiri oleh semua pemangku kebijakan, Dari Bupati, Sekda hinga seluruh Camat dan istri, Kepala Desa lokus stunting dan istri, dan seluruh kepala puskesmas” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini dari Provinsi Riau Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau selaku leading sektor kegiatan Zainal Arifin SKm, MKes, yang juga dihadiri oleh Kepala Deputi BPJS Kesehatan Regional Provinsi Riau.

Sementara dari Kabupaten Rokan Hulu tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan dr.Bambang, Kepala Dinas Sosial P3A Rohul, Ka Bappeda, Ka BPKAD, Kadis Dukcapil, dan Kadis DPMPD Rokan Hulu. (Advertorial Pemkab Rohul)

  • Bagikan