H Titis Hariyadi: Ada 3 Program KUD Sumber Rejeki Desa Buluh Rampai Untuk Masyarakat

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – KUD (Koperasi Unit Desa) merupakan perpanjangan tangan masyarakat dalam menjalin kemitraan dengan fihak perusahaan, dalam hal ini KUD Sumber Rejeki Desa Buluh Rampai Kecamatan Siberda Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjalin kerjasama dengan PT. Mega Nusa Inti Sawit (MNIS).

KUD Sumber Rejeki Desa Buluh Rampai ini merupakan binaan dari PT. MNIS, kata H. Titis Hariyadi Ketua KUD Sumber Rejeki Desa Buluh Rampai saat ditemui di Kantornya senin (26/2/2018).

Dari 2000 lebih KK (Kepala Keluaga) di Desa Buluh Rampai, hanya 600 KK yang menjadi anggota KUD Sumber Rejeki, sedangkan sisanya bukan anggota KUD Sumber Rejeki, hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki kebun kelapa sawit.

“Karena KUD Sumber Rejeki bergerak dibidang kelapa sawit tentu hanya petani sawit saja yang masuk dalam keanggotaan,” terangnya.

Dijelaskan Titis, untuk menjamin kesehatan anggota KUD fihaknya berkerjasama (MOU) dengan RS Eka Hospital Pekan Baru, dan ini berlaku bagi seluruh keluarga anggota Koperasi.

“Jika ada anggota keluarga dari anggota KUD Sumber Rejeki yang berobat ke RS Eka Hospital mereka tidak perlu membayar, karena sudah kita jamin,” terangnya.

Selain masalah kesehatan, KUD Sumber Rejeki juga memiliki program keagamaan, dimana dalam setiap bulannya kita memungut iuran sebesar Rp. 2 ribu dari anggota.

“Dana ini nantinya akan kita serahkan kepada anak yatim, biasanya ini dilakukan pada saat menjelang bulan suci rhamadan setiap tahunnya.” Sambung mantan anggota DPRD Inhu dari Partai PDIP ini.

Dan yang terakhir adalah dibidang pendidikan, kita juga membantu sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan oleh sekolah-sekolah yang berada di Desa Buluh Rampai ini.

“Bantuan yang kita berikan adalah dalam bentuk barang, kita tidak memberikan bentuan dalam bentuk uang, karena ini sesuai dengan komitmen kita bersama,” tegasnya.

Pada prinsipnya, KUD Sumber Rejeki selalu berupaya memberikan hal yang terbaik bagi anggota maupun masyarakat, kita ada karena masyarakat, pungkasnya. (man)

  • Bagikan