Hadiri Panen Raya Ubi Racun, Rezita Sebut lni Peluang Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM, RENGAT – Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) pada tahun 2019 melaksanakan pengembangan ubi racun sebagai salah salah satu komoditas di desa tersebut.
Dalam hal ini, Bupati lnhu H. Yopi Arianto SE yang diwakili oleh Ketua TP PKK Kabupaten lnhu Rezita Meylani melakukan panen raya secara simbolis pada Ahad (23/2/2020) kemarin.
Kehadiran Calon Bupati lnhu dari jalur independen ini disambut antusias masyarakat batang gansal, setidaknya 400 warga hadir dilokasi panen raya di Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul tersebut.
Dalam kesempatan ini Rezita Meylani didampingi Camat Batang Gansal, Elinarion bersama Kepala Desa Siambul Umar dan kelompok tani Mekar sari, mencabut beberapa batang untuk mengetahui isi dari hasil tanaman yang mencapai 6 kilogram perbatang.
Rezita Meylani dalam kesempatan itu mengatakan bahwa ini akan menjadi sumber penunjang ekonomi keluarga, dimana belum banyak yang familiar dengan jenis tanaman ubi racun sebagai salah satu bahan untuk membuat tepung tapioka, karena kaya kadar pati dibanding ubi biasa.
Dirinya juga berkeyakinan olahan ubi racun di Batang Gansal ini akan menjadi icon, sekaligus sumber pendapatan baru untuk rumah tangga jika semua lini bergerak, termasuk kaum perempuan.
“Kita optimis akan sukses menjadi sumber rezeki, meski di rumah bukan berarti diam saja, tapi terus bergerak agar ekonomi keluarga maju,” ujarnya.
Maka panen perdana ubi racun di Dusun Talang Tanjung, Insya’allah akan menjadi tonggak sejarah kecamatan Batang Gangsal untuk meningkatkan sumber daya ekonomi masyarakat.
“Saya memberikan apresiasi pada petani, dan berharap dapat diolah menjadi tepung untuk bahan makanan, sungguh pintar masyarakat di sini mencari peluang,” tutupnya.
Camat Batang Gansal, Elinarion mengatakan, pengolahan tanaman ubi racun tidak rumit perawatan dengan tanaman lainnya yang harus dipupuk.
“Kita akan memberikan perhatian kepada semua elemen masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian,” ujarnya.
Disisi lain, Kepala Desa Siambul Umar sangat mengharapkan agar masyarakat lebih meningkatkan produksi ubi racun, sehingga bisa banyak diserap di dunia usaha.
Umar mengucapkan terimaksih kesempatan  Bupati H Yopi Arianto SE diwakili Rezita Meylani Yopi selaku Ketua TP KK Kabupaten Inhu bersama rombongan lainnya, termasuk para Kepala Desa SE Kecamatan Batang Gansal yang meluangkan waktunya menghadiri panen raya ini. (man)
  • Bagikan