Jika Tak Ditindak Lanjuti, Warga Akan Blokir Jalan Azki Aris Rengat

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kerusakan yang terjadi di Jalan Azki Aris, Kecamatan Rengat, Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) semakin para, sehingga dibutuhkan kepedulian pihak terkait, khususnya Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Provinsi Riau untuk mengambil sikap.

Sejauh ini, kondisi jalan Azki Aris yang merupakan jalan penghubung antar Kabupaten lnhu dan lnhil (lndragiri Hilir) ini sudah banyak makan korban, terutama bagi kendaraan yang melintas.

“Hampir setiap minggu ada saja mobil yang terbalik dijalan tersebut, hari ini kejadian yang sama kembali terulang,” ujarnya.

Ir. H Adek Chandra M.Si anggota DPRD lnhu yang juga warga Jalan Azki Aris mengatakan bahwa kerusakan ruas Jalan Rengat – Kuala Cenaku yang melalui Jalan Azki Aris disebabkan oleh aktivitas mobil tonase tinggi, seperti truck angkutan batu bara, truck angkutan cpo dan lain-lain yang sudah melebihi kapasitas kelas jalan.

“Keputusan Menteri Perhubungan No.KM.1.Tahun 2000 tanggal 6 januari 2000, bahwa ruas jalan Rengat – Kuala Cenaku memiliki fungsi jalan kolektor dengan kelas jalan III B,” terangnya.

Jalan ini hanya dapat dilalui oleh kenderaan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2,5 m, panjang 18 m dam muatan sumbu terberat (MST) yang di izinkan 8 ton, namun kenyataannya jalan ini dilalui oleh kendaraan yang melebihi kapasitas.

“Untuk itu kita himbau kepada Dinas Perhubungan (Dishub) lnhu untuk memasang portal di jalan ini guna membatasi kendaraan yang masuk,” katanya lagi.

Selain itu kita juga menghimbau kepada mobil perusahaan dengan tonase tinggi dilarang melewati ruas Jalan Rengat – Kuala Cenaku yang melewati Jalan Azki Aris, hal ini sesuai surat yang dikeluarkan oleh Dishub lnhu No.041/dishub/I/2020, tanggal 13 jan 2020, dan Surat DPUPR Prop Riau No.620/DPUPR.SEKRE/5981, tgl 30 Desember 2019.

“Untuk itu kita kembali berharap Dishub lnhu segera ambil tindakan dengan masalah ini, jangan salahkan apabila warga sepanjang Jalan Azki Aris mengambil tindakan dengan memblokir jalan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu sampai berita ini dimuat belum ada pihak Dishub lnhu yang dapat dikonfirmasi terkait hal ini. (Man) .

  • Bagikan