Kodim 0302 Inhu Gelar Goro Bersama Dikawasan Wisata Danau Raja Rengat

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Komando Distrik Militer (Kodim) 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Gotong Royong (Goro) bersama dalam rangka memajukan pariwisata dan bersinergi menjaga keutuhan NKRI.

Bahkan Goro yang dikemas dalam program karya bhakti Kodim 0302 Inhu ini akan dilaksanakan rutin disejumlah tempat-tempat wisata yang ada didaerah ini.

Kegiatan Goro perdana yang dilaksanakan jum’at (26/1/2018) di Danau Raja Rengat ini Kodim 0302 Inhu menggandeng sejumlah Instansi lain seperti Polres Inhu, Disporapar. Satpol PP, Kantor PBD, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan (FKPPI), Pemuda Pancasila (PP), dan para pelajar dari sekolah yang ada disekitar lokasi wisata Danau Raja Rengat.

Pelaksanaan Goro ini diawali dengan apel kesiapan personil yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Inhu H. Khairizal M.Si yang dihadiri langsung oleh Dandim 0302 Inhu Letkol Arh Hendra Roza Slp.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pasi Intel Kapten Yunasri dan segenap penjabat dijajaran Kodim 0302 Inhu.

“Ini adalah sebagai bentuk kepedulian yang diberikan Kodim 0302 Inhu pada Bidang Pariwisata di Kabupaten Inhu,” kata Wabup Inhu H. Khairizal M.Si disela-sela kegiatan tersebut.

Kegiatan ini selain untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung kawasan wisata Danau Raja juga untuk menghidupkan kembali budaya Goro, karena budaya goro ini mulai hilang ditengah-tengah masyarakat.

“Padahal melalui Budaya Goro ini juga dapat dijadikan ajang silaturahmi antar sesama,” ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Inhu menyambut baik terobosan yang dilakukan oleh Kodim 0302 Inhu ini, sehingga kegiatan Goro tidak terfokus dan terhenti hanya dikawasan danau raja saja, melainkan juga masuk kedalam kawasan wisata lainnya.

“Goro berikutnya bisa saja dilaksanakan di kawasan wisata danau meduyan di Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat dan lainnya,” sambung Wabup.

Semetara itu Dandim 0302 Inhu Letkol Arh Hendra Roza Slp mengatakan bahwa kegiatan goro ini dilaksanakan dengan harapan dapat memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, sehingga dengan menjadikan kawasan wisata bersih dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Selain goro, dalam kesempatan ini juga melakukan penanaman pohon untuk meningkatkan penghijauan dikawasan wisata danau raja, dan pohon yang ditanam tersebut adalah pohon yang dapat menghasilkan buah seperti mangga, jambu dan lainnya,” ujarnya.

Ditegaskan Dandim bahwa, fihaknya siap untuk menjadi bagian dalam penanganan untuk peningkatan kebersihan dikawasan wisata yang ada.

“Namun kedepan hendaknya juga ada kepedulian warga untuk ikut bersama-sama dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (Man)

  • Bagikan