Polres lnhu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanganan Corona

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Aman Nusa II Muara Takus Penanganan Covid-19 Tahun 2020, Ahad (22/3/2020).
Apel ini dilaksanakan sekira pukul 15.00 WIB di Lapangan apel Mako Polres Inhu, dipimpinan oleh Kapolres Inhu AKBP EFRIZAL, S.Ik, sedangkan Perwira Apel adalah Kabag Sumda  Polres Inhu KOMPOL Amril S.Sos, SH, MH, dengan Komandan Apel Kanit Laka Polres Inhu IPDA Purwanto SE.
Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Inhu KOMPOL Zulfa Renaldo, S.Ik, M.Si, Kabag Ren Polres Inhu KOMPOL Sangkut Suryadiningrat S.Sos, Para PJU Polres Inhu, Para Kasubbag, Kasi, Perwira dan Bintara Polres Inhu.
Sedangkan peserta apel terdiri dari satu Pleton Perwira Polres Inhu, satu Pleton Gabungan Staff Polres Inhu, satu peleton  Sat Sabhara Polres Inhu, satu Peleton Sat Lantas Polres Inhu, satu Pleton Gabungan Polsek jajaran Polres Inhu, satu Pleton Reskrim Polres Inhu dan satu Pleton Gabungan Intel dan Narkoba Polres Inhu.
Kapolres lnhu AKBP Efrizal S.lk dalam amanatnya menyampaikan langsung arahan Kapolri yang menyampaikan bahwa pelaksanakan operasi kontijensi dalam rangka menangani Virus Corona (Covid 19) harus di laksanakan secara masiv.
“Operasi Aman Nusa II Muara Takus Penanganan Covid-19 Tahun 2020 merupakan operasi kepolisian terpusat dan serentak di seluruh indonesia yang akan dilaksanakan selama hari 30, mulai hari Senin tanggal 19 Maret 2020, sampai dengan hari Rabu tanggal 17 Maret 2020,” paparnya.
Dikatakannya juga bahwa kita harus menggolarakan bahwasanya penyebaran virus covid dapat kita lawan secara bersama serta mengajak instansi pemerintah maupun instansi lain untuk bekerjasama menangkal virus covid ini.
“Pada tanggal 19 maret 2020, Kapolri telah mengeluarkan maklumat terkait dengan beberapa hal sebagai tindak lanjut dan intruksi Presiden tentang penanganan covid ini,” ujarnya.
Terkait untuk kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan masa, baik kegiatan keagamaan, reuni, kenduri, pesta, ulang tahun, baik yang dilaksanakan di tempat terbuka maupun di tempat tertutup agar untuk sementara di tunda pelaksanaannya.
Oleh karna itu dirinya berharap agar bersama-sama menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan sosialisasi maklumat ini.
“Untuk itu agar polsek jajaran dapat mensosialisasikan menempelkan maklumat tersebut agar di ketahui masyarakat secara luas,” sambungnya.
Dikatakannya juga bahwa tadi malam (Sabtu malam), kita bersama pemerintah daerah dan TNI telah melaksanakan himbauan dan sosialisasi kepada tempat-tempat hiburan, cafe dan tempat-tempat lainnya untuk menutup sementara kegiatan-kegiatan tersebut.
“Untuk kegiatan bersih sehat Polda Riau yang di canangkan oleh Kapolda, bahwa kegiatan ini harus terprogram secara masiv dan lanjut,” ungkapnya.
Serta diharapkan untuk masing-masing kita bisa menyusun rencana kegiatan mana yang menjadi sasaran kita terkait tentang kegiatan Bersih Sehat Polda Riau ini, serta koordinasikan dengan lintas sektoral, pemerintah daerah dan instansi terkait sasaran tersebut.
“Pemerintah daerah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati terkait darurat di wilayah Kabupaten lnhu ini, dan sudah membentuk 5 gugus tugas yaitu gugus kesehatan, Informasi publik, pelayanan publik, tempat-tempat sarana publik, dan pencegahan covid 19,” paparnya.
Kita telah membuat 6 satgas, yakni Satgas pre emtif, preventif, penanganan rehabilitasi maupun satgas banops serta satgas gakkum. (man)
“Diharapkan masing-masing satgas menjalankan tugas nya sesuai dengan tupoksinya, laksanakan langkah nyata yang harus berjalan bukan langkah seremonial saja, laksanakan kegiatan tersebut dengan baik,” tegasnya. (man)
  • Bagikan