Polsek Batang Gangsal Sosialisasi Karhutla dan Aplikasi SiPeka

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kepolisian Sektor (Polsek) Batang Gansal, Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) gencar melakukan mitigasi penangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di wilayah hukumnya.

Mulai dari penindakan sampai sosialisasi ke masyarakat pun dilakukan untuk memberi pemahaman tentang bahaya Karhutla, Kamis (31/10/2019).

Sosialisasi tersebut dilakukan di Aula Kantor Camat Batang Gansal, oleh Kapolsek Batang Gansal Ipda Endang Kusma Jaya SH, Camat dan Babinsa dan dihadiri sekitar 80 ( delapan Puluh) Orang Masyarakat Batang Gansal, hal ini disampaikan oleh Kapolres Inhu AKBP Efrizal,SIK melalui Ps.Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran, Jumat (1/11/2019).

Dalam sosialisasi tersebut Kapolsek menekankan (Menghimbau) jangan pernah Masyarakat , pemilik perusahaan mencoba lembuka lahan dengan cara membakar.

“Karena sudah diketahui dampak dari Kebakaran berapa bulan yang lalu,” ujarnya.

Kapolsek juga menjelaskan pasal-pasal dalam UU (Undang Undang) yang mengatur tentabg tindak pidana Karhutla, untuk mengantisipasi hal tersebut kedepan bersama-sama membuat embung air dan kanal bloking.

“Kapolsek juga menyampaikan, apabila ada Informasi di masyarakat baik yang berhubungan dengan tindak pidana radikal dan yang lainnya, segera untuk berkoordinasi dengan Polsek Batang Gansal,” himbaunya.

Lebih lanjut disampaiknnya, sehubungan dengan cuaca yang sudah mulai Hujan dihimbau kepada masyarakat, terlebih khusus pinggiran Sungai Gansal agar selalu waspada dan antisipasi.

“Jika ada banjir dan juga selalu hati-hati terhadap serangan (munculnya) hewan buas dari sungai yakni Buaya” ujarnya

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut Kapolsek juga menyempatkan diri untuk mensosialisasikan aplikasi milik Polres Inhu, yakni SIPEKA (Sistem lnformasi Pelayanan Kamtibmas Akurat).

“Aplikasi Sipeka ini diperuntukan untuk kemudahan masyarakat dalam memperoleh pelayanan dipolres inhu dan ada tombol daruratnya, aplikasi ini dapat didownload di Playstore Hp android,” Tutup Misran. (Man)

  • Bagikan