Satgas Karlahut Temukan Aktifitas PETI di Muara Lembu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, Taluk Kuantan – Tim Satgas Karlahut (Kebakaran Lahan dan Hutan) Provinsi Riau menemukan adanya aktifitas Penambangan Emas Tanpa lzin (PETI) secara besar-besaran yang terjadi di Muara Lembu, Kecamatan Singingi Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Tim ini terdiri dari 6 orang personil yang dipimpin oleh Syaifullah tersebut mendapat informasi dari warga tentang adanya aktifitas penambangan emas yang terjadi di daerah tersebut.

Berdasarkan hal tersebut maka Pada Sabtu (21/9/2019) kita melakukan patroli ke Muara Lembu, Kecamatan Singingi Hulu, kata Syaifullah, Rabu (9/10/2019) melalui selulernya.

“Dan benar, pada pukul 15.45 WIB tim melakukan kegiatan patroli dan terpantau adanya lahan luas yang sedang dalam pengerjaan dengan menggunakan 4 unit eksavator,” katanya lagi.

Lalu kemudian tim pun terus merapat mengarah ke lahan tersebut, sesampainya di lokasi ada beberapa pekerja yang sedang melaksanakan penyedotan dengan menggunakan alat berat eksavator (4 unit).

“Setelah melihat dan mengamati serta menanyakan ke salah satu pekerja, mereka sedang mencari emas dan mendapat gaji dari orang lnisial HA yang bertempat tinggal di sekitar tempat galian tersebut,” paparnya.

Kemudian tim menanyakan ijin dari pengerjaan penambangan ini, tetapi mereka tidak ada yang dapat menunjuk kan ijinnya, bahkan para pekerja langsung berlarian meninggalkan tempat.

“Dari info yang di dapat bahwa kegiatan penggalian ilegal tersebut diduga banyak aparat di belakangnya dengan tujuan dapat bekerja dengan lancar,” ungkapnya.*

Lebih lanjut dikatannya bahwa, kegiatan tersebut dapat merusak lingkungan sekitar, karena dilewati oleh aliran sungai yang bisa menyebabkan bencana longsor.

Sementara itu belum ada pihak-pihak yang dapat dihubungi untuk dikonfirmasi terkait hal ini. (Man)

  • Bagikan