SPBU Rengat Terbakar Diduga Akibat Arus Pendek

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang ada di kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) nyaris ludes dilalap sijago merah pada Kamis (27/12/2018) malam.

Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S.lk melalui PS Paur Humas Polres lnhu Bripka Misran menjelaskan bahwa pada Kamis (27/12/2018) sekira pukul 22.30 Wib telah terjadi kejadian kebakaran SPBU Danau Raja Rengat.

“SPBU tersebut milik Doddi yang terletak di Jalan Sultan Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat,” terangnya.

Atas kejadian tersebut mengakibatkan 3 orang menjadi korban, yaitu Yogi Pernanda (17) pelajar SMKN 1 Rengat, warga Jalan Narasinga Kelurahan Kambesko Rengat yang mengalami luka bakar di kedua kaki, tangan sebelah kanan dan di bagian perut.

Kemudian Masrial (52) warga Jalan Danau Raja Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat, mengalami luka bakar di kaki sebelah kanan dan Ardi (20) mengalami luka ringan.

Dijelaskannya, pada Kamis (27/12/2018) sekira pukul 11.00 Wib, Edi Hendra, Ahmad, Ardi (Para Saksi) dan Yogi (Korban) melakukan pembersihan karat tangki pendam minyak jenis Bensin SPBU Doddi.

“Hal ini dilakukan karena pada malam hari akan ada minyak yang masuk,” katanya.

Untuk membersihkan tangki pendam tersebut, minyak yang tersisa didalam tangki sekitar 1 ton dikuras dan dipindahkan ke bejana penampung sementara yang berada di atas tanah.

“Proses pembersihan tangki pendam tersebut selesai sekira pukul 22.00 Wib,” sambungnya.

Sekira pukul 22.05 Wib, kendaraan R6 pengangkut minyak jenis Bensin milik PT. Pertamina tiba di SPBU Doddi dan langsung memindahkan minyak dari tangki mobil ke tangki pendam SPBU menggunakan selang standar.

“Disaat itu, Para Saksi dan Korban berencana melanjutkan pekerjaan dengan memindahkan kembali minyak dari dalam bejana penampung sementara ke dalam tangki pendam SPBU dengan menggunakan pompa,” paparnya.

Mengingat pompa tersebut menggunakan arus listrik, Korban (Yogi) mencolokkan cok pompa ke stopkontak yang berada di tiang listrik.

“Ketika cok pompa dicolokan ke stopkontak, menimbulkan percikan api dan langsung menyambar ke arah rumput yang diperkirakan ada tumpahan minyak bensin,” jelasnya.

Api dengan cepat menjalar ke arah manhole SPBU, Kemudian Edi Hendra (Saksi) langsung lari mengambil racun api dan berusaha memadamkan api agar tidak membesar.

“Berselang beberapa saat kemudian, api berhasil dipadamkan dan Saksi Edi Hendra melihat Korban Yogi telah mengalami luka bakar di sebagian anggota tubuhnya,” jelasnya lagi.

Korbanpun langsung dilarikan ke Klinik Medisra menggunakan kendaraan R4 guna mendapatkan pertolongan.

“Saat ini Korban masih dirawat di Klinik Medisra Rengat, sementara itu Polres Inhu sedang melakukan langkah – langkah Kepolisian dari kejadian tersebut di atas,” tutupnya. (Man)

  • Bagikan