Untuk Kedua Kalilnya, Pemkab Inhu Dapat Predikat WTP

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Laporan Keuangan Pemerintah Kabupeten Indragiri Hulu (Inhu) telah selesai di Audit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI Perwakilan Provinsi Riau dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Hal ini disampaikan oleh Plt Sekda Inhu H. Hendrizal senin (4/6/2018) dalam laporannya pada Acara Rapat Paripurna DPRD Inhu tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Inhu TA 2017.

“Alhamdulillah ini untuk yang kedua kalinya Kabupaten Inhu menerima Pridikat WTP,” katanya.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Inhu. Miswanto, Wakil Ketua DPRD Inhu Sumini dan Adila Ansori serta segenap Anggota DPRD Inhu, selain itu juga hadir para perwakilan Forkompimda, Para Pejabat Eselon ll dan lll Pemda Inhu dan para Camat.

Lebih lanjut disampaikannya, pencapaian predikat WTP ini dapat diraih karena kerja keras semua fihak sehingga diharapkan pada tahun mendatang hal ini mampu kita pertahankan.

Diungkapkannya juga, dalam upaya untuk mencapai pengelolaan pendapatan daerah yang lebih baik maka perlu ditetapkan arah peningkatan yang berfokus pada peningkatan optimalisasi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya pada penerimaan Pajak Daerah dan Restribusi Daerah.

“PAD merupakan Indikator kekuatan kemandirian pembiayaan pembangunan daerah, dan juga merupakan komponen yang paling memungkinkan untuk dioptimalkan dan terus ditingkatkan penerimaannya,” terang sekda.

Dijelaskannya, pada tahun 2017 Pendapatan Daerah dapat direalisasikan sebesar Rp 1 Trilyul 468 Milyar 670 juta 567,436, setara 97,10 persen yang terdiri dari PAD sebesar Rp.159 Milyar 665.887.817,46, setara 97,10 persen.

“Kemudian dari pendapatan transper sebesar 1 Trilyun 308 Milyar 70.699.586,90, atau sebesar 97,03 persen, dan yang ketiga yaitu lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar 934 juta rupiah,” terangnya lagi.

Dalam kesempatan itu Sekda juga menyampaikan bahwa dari tahun ketahun semua ini dapat memberi motivasi dan spirit dalam penyelenggaraan pamerintah dan pelaksanaan pembangunan yang akhirnya bermuara pada penibgkatan pelayanan serta percepatan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat diwilayah Kabupaten Inhu. (Man)

  • Bagikan