Kampar Expo 2020 Moment Evaluasi Keberhasilan Program Dalam Pembinaan UMKM

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,BANGKINANG – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar diharapkan dapat melakukan pendataan dan membuat perencanaan program pembangunan dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Bupati Kampar berharap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkembang pesat di Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Kampar, Catur Sugeng Susanto, Sabtu (01/02/20) di lapangan Merdeka Bangkinang saat membuka Kampar Expo 2020 dalam rangka memperingati hari Jadi Kabupaten Kampar ke -70.

Catur meminta kepada seluruh OPD dan stakeholder pembangunan untuk menjadikan kegiatan Kampar Expo sebagai moment dalam mengevaluasi program dan keberhasilan pelajsanaan program dalam pengembangan UMKM dan peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kampar.

Ia juga meminta OPD dan satuan kerja terkait untuk melakukan pembinaan melekat terhadap pengembangan UMKM di Kampar. Semua OPD diharapkan dapat berpemikiran lebih kreative untuk mengembangkan UMKM sebagai upaya dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, dalam mengembangkan UMKM harusnya memiliki dan memahami 5 (lima) strategi dalam pengembangan UMKM. Diantaranya, Pertama, pelaku UMKM harus mampu memikih produk yang tepat (product).

Kedua, pelaku UMKM harus mampu menentukan harga jual produk yang tepat (price). Ketiga, pelaku UMKM harus mampu mencari lokasi yang strategis untuk dijadikan sebagai tempat usaha (place).

Keempat, pelaju UMKM harus mampu menguasai sistem promosi produk agar menarik perhatian konsumen (promotion). Kelima, pelaku UMKM harus memiliki kemampuan Sumber Daya Manusia yang baik (people).

Agar seluruh strategi tersebut berhasil dilaksanakan, masyarakat pelaku UMKM mesti mendapatkan pembinaan dari pemerintah.

“Keseriusan dan kreativitas pemerintah dan OPD terkait dalam memberikan pembinaan UMKM menjadi harapan penting dalam mencapai kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kampar,” pungkas Catur. (mcr)

  • Bagikan