Kanan 1

10 Siswa/i SMU Bernas Wakili Pelalawan Ikuti LCC 4 pilar MPR RI Tingkat Propinsi Riau,Wartawan Diberi Kesempatan menguji Siswa 

  • Bagikan
10 Siswa/i SMU Bernas Wakili Pelalawan Ikuti LCC 4 pilar MPR RI Tingkat Propinsi Riau,Wartawan Diberi Kesempatan menguji Siswa 
RIAUDETIL.COM,PELALAWAN – Berbagai prestasi terus diukir oleh SMU Bernas Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.Kali ini,sebanyak 10 siswa/i nya akan mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 pilar MPR RI mewakili Kabupaten Pelalawan di Tingkat Propinsi Riau. Peluang untuk memenangkan perlombaan cukup besar mengingat pada tahun 2016 lalu,siswa/i SMU Bernas hanya meraih juara 2 di final kalah unggul dari Sekolah Tembilahan Kabupaten Inhil.
 
Drs.H.Syafrudin,M.Si Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Pelalawan ‎pada Senin (27/3/2017) kemaren berkesempatan langsung melepas 10 siswa /i Bernas yang akan mengikuti LCC 4 Pilar MPR RI diruang kerjanya.Dikatakannya,LCC akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 29 hingga 31 Maret mendatang.Namun 10 siswa/i sudah cek ini pada hari ini Selasa (28/3/2017) di Hotel New Holliday Pekanbaru sebagai tempat lomba. 
 
” Untuk LCC 4 pilar MPR RI ini,setiap Kabupaten/Kota mengirimkan utusan sekolah SMU dan SMK.Dimana 1 tim terdiri dari 10 orang.Mewakili Pelalawan yakni SMU Bernas dan SMK 1.Hanya saja yang dilepas yakni SMU Bernas,untuk SMK 1 Kita akan koordinasi kembali,” ujarnya. 
 
Menurut Kadisdik,lomba akan berlangsung dengan sistem temu satu lawan satu dan kelompok.” Ya mereka siswa/i ini sudah dipersiapkan dan mereka yang terpilih dari siswa/i kelas 10 dan 11 dan memang rata – rata semuanya juara dikelasnya masing – masing. Kita berharap siswa/i ini akan mendulang prestasi yang terbaik mengharukan Kabupaten Pelalawan dan mudah – mudahan saja mewakili Riau di tingkat Nasional,”ujarnya. 
 
Sementara itu Kepala Sekolah SMU Bernas Emilia KH,S.Hum kepada RDC menyebutkan bahwa LCC 4 pilar merupakan ajang tahunan dan tahun ini SMU Bernas kembali mewakili Kabupaten Pelalawan untuk Tingkat Propinsi Riau.” Kalau tahun lalu Kita meraih juara 2 di Tingkat Propinsi,tentu Kita berharap tahun ini prestasi Kita lebih baik lagi dan bisa mewakili Riau di Tingkat Nasional.Memang untuk 4 pilar ini terus diajarkan saat ekstrakurikuler siswa,” ungkapnya. ‎
 
‎Lebih lanjut dikatakan Kepsek SMU Bernas ini, bahwa MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945. Salah satunya dengan terus mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara & Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Untuk itulah, Generasi muda pasca reformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan, sehingga untuk menghadapi masa depan bangsa ini akan lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi,” tukasnya.

‎Wartawan yang melakukan liputan dan wawancara pelepasan diberi kesempatan untuk mengetes kesiapan serta pengetahuan siswa.Salah satunya Pimpinan Perusahaan Surat Kabar Mingguan Riau Karya Edward yang didampingi Pimred Zulhamsyah dan Tim redaksi Irfan Panjaitan dan Aprianto memberikan sejumlah pertanyaan kepada siswa disaksikan langsung oleh Kadisdik,Kepsek SMU Bernas dan guru pembimbing.

Sejumlah pertanyan mulai dari sejarah lahirnya Pancasila,Amndement Undang – Undang dan pasal – pasal dijawab oleh siswa.Namun demikian wartawan juga memberikan masukan dan membantu siswa untuk memberikan referensi buku – buku terbaru yang berkenaan dengan 4 pi‎lar MPR RI yang mendapat antusias dari siswa/i. (ZoelGomes)

 

  • Bagikan