Diskanlut ‎Pelalawan Mantapkan Program Gerakan Pakan Ikan Mandiri ( Gerpari ) Tahun 2016 – 2021 

  • Bagikan
Pelalawan,Riaudetil.com – Sejalan dengan visi Bupati Kabupaten Pelalawan terpilih 2016 – 2021 menuju Pelalawan Emas Ekonomi Mandiri Aman Sejahtera,Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Pelalawan untuk tahun 2016 – 2021 memprogramkan Gerpari yakni suatu gerakan membuat pakan ikan secara mandiri bagi pembudidaya ikan dengan berbahan baku pakan lokal.
Gerakan ini diharapkan bisa menekan biaya produksi dari 70 % – 80 % menjadi 40%-50% untuk pakan ikan.Hal ini akan dapat mengurangi ketergantungan pembudidaya ikan kecil atas pakan pabrik dan memperoleh keuntungan lebih baik dari usaha budidaya ikannya.
Demikian disampaikan Ir.H.T.Wahidudin,M.SiKepala Diskanlut Kabupaten Pelalawan kepada RDC,Rabu (29/3/2017).Menurutnya,produksi usaha budidaya ikan memerlukan pakan yang murah dan benih ikan yang berkualitas.‎Pakan ikan dan benih menentukan keberhasilan usaha budidaya ikan.Hampir 70 %-80% biaya produksi budidaya ikan saat ini digunakan untuk pembelian pakan ikaan pabrikan sehingga keuntungan yang diperoleh ooleh pembudidaya ikan kecil belum bisa menjadi tumpuan harapan hidup mereka menuju mandiri dan sejahtera.
” Program Gerpari difokuskan kepada pembudidaya ikan yang sudah berjalan dengan 3 (tiga) sentra yakni Pangkalan Kerinci,Pangkalan Kuras dan Ukui.Sentra Pangkalan Kerinci diharapkan akan mensupport Pakan mandiri murah untuk Kecamatan Langgam,Pangkalan Kerinci,Bandar Seikijang dan Pelalawan.Sentra Pangkalan Kuras untuk mensupport pakan mandiri yang murah untuk Kecamatan Pangkalan Kuras,Bunut,Teluk Meranti,Kuala Kampar,Bandar Petalangan dan Pangkalan Lesung. Sentra Ukui untuk mensupport pakan mandiri murah untuk Kecamatan Ukui dan Kerumutan,” ucapnya.
Dikatakannya lagi, bantuan mesin pakan diprioritaskan kepada lokasi Pokdakan yang tersedia bahan baku pakan ikan.Untuk tahun 2015,Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan kendaraan roda 3 dan bahan baku pakan ikan kepada Pokdakan Sumber Rezeki di Kelurahan Kerinci Barat.Tahun 2016 Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui APBN memberikan bantuan mesin pakan dan bahan baku pakan kepada 3 Pokdakan yakni Patin Jaya dan Pokdakan Simpang Empat Bersatu di Kecamatan Pangkalan Kuras serta Pokdakan Mulya Jaya di Kecamatan Pangkalan Lesung.Bantuan tersebut sudah disalurkan pada Bulan November 2016.
” Untuk tahun 2017,Diskanlut Pelalawan melalui dana APBD II memberikan bantuan mesin pakan ikan kepada 2 Pokdakan yang belum memiliki mesin pakan ikan yakni Sentra Pangkalan Kerinci dan Sentra Pangkalan Kuras. Dengan bantuan mesin pakan ikan pada program Gerpari 3 sentra ini diharapkan akhir tahun 2021 akan bisa menghasilkan pembudidaya ikan yang mandiri dan menuju sejahtera,” pungkas Wahidudin. ‎(ZoelGomes)

  • Bagikan