Normalisasi Sungai Nilo Temui Titik Terang, Solusi Cegah Banjir Desa Lubuk Kembang Bungo dan Air Hitam

  • Bagikan

Ukui, riaudetil. com – Solusi cegah banjir di desa lubuk kembang bungo dan air hitam kecamatan ukui dengan menormalisasi sungai nilo menemui titik terang setelah perusahaan PT. RAPP menyakan kesiapannya untuk melakukan normalisasi.

Camat Ukui Amri Juharza kepada riaudetil. com,Ahad  (11/2/2018) menyampaikan dalam waktu dekat rencana normalisasi akan dikoordinasikan ke DPRD, Dinas Lingkungan Hidup, kehutanan, perangkat desa dan tentunya kecamatan.

” Dalam waktu dekat akan dilakukan survey bersama dengan perusahaan.Jadi Kita berharap dalam survey diikutsertakan DPRD, DLH,kehutanan,aparatur desa dan kecamatan dalam menentukan titik – titik yang akan dinormalisasi. Awalnya perusahaan berkeinginan melakukan survey melalui udara, namun Kita minta lewat darat saja. Karena Kita menilai alan lebih efektif jika survey dilakukan lewat darat dalam menentukan titik – titik yang akan dinormalisasi,” paparnya.

Ditambahkan camat, setiap terjadi turun hujan dengan intensitas yang sangat tinggi dan lama maka dua desa tersebut memiliki resiko terkena banjir.

” Jika hujang intensitas tinggi dan berlangsunh cukup lama Sungai Nilo mengalami penyempitan dan pendangkalan maka daya tampung terhadap air hujan tidak lagi memadai sehingga meluap ke daerah bantaran. usedimentasi sungai sudah tinggi sehingga menyebabkan daya tampung menurun. Akibatnya air meluap saat hujan datang, ” ucapnya.

Camat berharap,dengan normalisasi yang akan dilakukan menjadi solusi terhadap banjir yang terjadi selama ini di desa lubuk kembang bungo dan desa air hitam.

” Tentu Kita berharap komitmen perusahaan dalam menyelesaikan masalah banjir ini dengan normalisasi sungai.Mudah – mudahan nirmalisasi sungai nilo akan mnjadi solusi banjir yang selama ini dialami warga di dua desa di kecamatan ukui, ” tukasnya. (zoelgomes)

  • Bagikan