Sampah Jadi Masalah Serius di Ibukota Pangkalan Kerinci, Camat Siapkan Langkah Strategis 

  • Bagikan
Pelalawan,riaudetil.com – Persoalan sampah khususnya di Ibukota Pangkalan Kerinci  Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau masih menjadi masalah serius.Tumpukan sampah disudut – sudut kota masih terlihat jelas.Tumpukan sampah malah terlihat berserakan bahkan ada disejumlah lokasi, sampah berserakan dijalan.
Terkait hal ini, Junaidi jhon sro S.pd M.SI Camat Pangkalan Kerinci kepada riaudetil.com,Jum’at (9/2/2024) mempersiapkan sejumlah langkah strategis berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan.Menurutnya, langkah pertama mengumpulkan  RT/RW dan Lurah agar menjaga kebersihan di wilayah masing – masing.
” Diharapkan sosialisasi kepada masyarakat untuk memilah – milah sampah.Tujuan pemilahan sampah yaitu untuk mempermudah pengelolaan sampah selanjutnya. Selain memudahkan pengelolaan sampah selanjutnya, pemilahan sampah organik dan anorganik dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masih tercampur antara sampah organik dan anorganik.Kita ada bank sampah yang bisa menjadi penghasilan,” ujarnya.
Selanjutnya, sambung Camat, berusaha mencarikan lokasi – lokasi sebagai tempat pembuangan sampah sementara sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir dikemang.
” Memang permasalahan adalah penolakan dari warga terkait sejumlah titik lokasi tempat pembuangan sampah sementara.Nantinya akan Kita koordinasikan bersama DLH,” ucapnya.
Camat menyatakan keseriusannya agar masalah sampah perlahan namun pasti dapat teratasi dengan baik. ” Kita serius dalam penanganan sampah di Ibukota Pangkalan Kerinci dengan berkoordinasi bersama DLH Pelalawan.Ibukota harus menunjukkan kebersihan, keasrian yang berdampak kepada kesehatan warga,” tutupnya. (ZOELGomes)
  • Bagikan