Dispersip & Diskominfotik Riau Gelar Giat Minggu Sinergi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Pekan Aksi Riau Malam digagas sejak Desember 2019 lalu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip).

Kegiatan ini merupakan program revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, dan Sabtu (22/2/2020) malam ini menampilkan beberapa aksi-aksi dari komunitas milenial sekolah dan kalangan umum.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan masyarakat yang berhasil melakukan program literasi yang menghasilkan produk-produk inovatif yang digemari masyarakat seperti produk makanan jasa dan lain sebagainya.

Kegiatanini juga diramaikan oleh komunitas cosplay Pekanbaru SMA Negeri 15 Pekanbaru, kemudian penyanyi dari sekolah dasar keyshia yang berhasil mengundang decak kagum para penonton.

Kemudian juga diramaikan oleh komunitas hobi kayu yang berhasil menciptakan limbah kayu yang berhasil menciptakan olahan olahan kerajinan dari limbah kayu menjadi sebuah kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Komunitas pelukis asal Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) juga berhasil memukau pengunjung dengan karya-karyanya yang luar biasa.

Lalu juga ada keluarga pecinta musikalisasi puisi yang sangat memukau membawakan sebuah syair dan lagu yang juga sangat digemari.

Musikalisasi ini melibatkan 30 lebih masyarakat yang berhasil mengimplementasikan gerakan literasi yang menjadi sebuah produk-produk jajanan kuliner yang menarik yang juga mewarnai semaraknya malam minggu dari program pekan aksi Riau.

Adapun program pekan aksi Riau ini sendiri telah dilaksanakan sejak Januari 2020 dan berhasil menyedot pengunjung dan partisipasi pengisi acara. Yang mana tidak hanya dari Pekanbaru, tetapi juga dari 12 kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Rahima Erna menyampaikan bahwa program ini sangat diapresiasi oleh masyarakat.

Hal ini ungkapnya, terlihat dari antusiasnya penonton dan masyarakat yang menggelar dagangan dari lapak pekan literasi atau lapakxxi sebagai Mitra pelaksana program pekan aksi Riau malam.

“Pekan aksi Riau carfreeday ini cukup banyak dikunjungi oleh warga sekitar kemudian juga hadir komunitas aspal komunitas dunia kucing kemudian komunitas komunitas lainnya juga menjadi komunitas-komunitas yang sudah bekerjasama dengan perpustakaan,” terang Rahima.

Dalam kesempatan ini, Rahima Erna juga menyampaikan pesan untuk selalu meningkatkan gemar membaca dan mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Perpustakaan Soeman HS yang menjadi pusat informasi yang tentunya akan mencerdaskan generasi Riau.

Sementara itu Kepala Diskominfotik Riau yang diwakili oleh Kasi Diseminasi Informasi, Prayuti Pancasilawati menyampaikan dukungannya bahwa kominfo menjadi tim sinergi, senantiasa mendukung seluruh program-program Dispersip guna pembinaan karakter.

Diungkapkan oleh Pancasilawati, kelas Kominfo yang menjadi binaan Kominfo juga saat ini juga aktif mengisi program-program dari dispersif yang hadir setiap malam Minggu dan Minggu di car free day.

“Semoga kegiatan ini menjadi ajang untuk melawan konten-konten negatif ataupun pengaruh buruk perkembangan zaman yang sulit sekali untuk dihentikan,” harap ya.

Ia menambahkan, melalui acara ini tentunya dapat menjadi wadah untuk peningkatan karakter bagi generasi Riau dan ini menjadi ajang yang baik yang harus diikuti oleh semua pihak.

“Kominfo juga mengajak masyarakat Riau untuk mengikuti program pemerintah yang positif, menyampaikan penyebarluasan informasi secara positif, menggunakan teknologi informasi secara bijak, serta jangan menyebarkan hoax,” pesannya. (mcr)

  • Bagikan