Pusat Mendatangkan 2 Helikopter ke Riau Untuk Membantu Penanganan Karhutla

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM,PEKANBARU -Provinsi Riau akan menerima bantuan helikopter dari pemerintah pusat untuk mengatasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di Riau.
Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger saat Rapat Koordinasi (Rakor) Karhutla di Provinsi Riau tahun 2020 di Posko Karhutla Komplek Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (4/3/2020).
Edwar mengatakan satu helikopter akan didatangkan pada hari ini oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk membantu Karhutla di Provinsi Riau.
“Dari KLHK 1 helikopter akan datang hari ini, dan 1 lagi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan datang besok. Sementara baru 2 helikopter yang dikirim dari pusat untuk membantu Riau,” katanya.
Edwar menjelaskan bahwa kedua helikopter yang didatangkan dari pusat masih helikopter yang berkapasitas kecil.
“Kedua helikopter itu masih kapasitas kecil yang berjenis Bell 412 yang bisa berguna untuk waterbombing dan bisa berguna juga untuk patroli,” imbuhnya.
Selain itu, BNPB juga akan mendatangkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Riau.
“Dari informasi BPBD, mereka mendatangkan TMC pada Jumat depan. Kemarin kita juga mendorong agar TMC ini didatangkan ke Riau. Karena kita butuh TMC yang bisa memberikan bantuan hujan buatan di Riau,” pungkasnya.(bin)

  • Bagikan