Putra Asal Baserah Kuansing berpeluang duduki jabatan strategis di Kementrian Pemuda dan Olahraga RI.

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – Mantan Kadispora Riau H. Doni Aprialdi dikabarkan lulus dan berhasil masuk tiga besar dalam tahapan seleksi dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2020 sebagai Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan.

“Doakan saya, murah-mudahan dengan izin Allah saya dapat mengisi jabatan itu,” ujarnya dengan nada melemah.

Anak Melayu Kampung dari Baserah Kuansing (Kuantan Singingi) ini, sempat meminta untuk tidak dipublikasikan keberhasilannya menembus tiga besar seleksi jabatan strategis di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI itu dikarenakan belum final.

Namun Informasi yang didapatkan wartawan, kelulusan tersebut benar adanya, dan telah diumumkan Pansel pada 17 November 2020 yang ditandatangani langsung Ketua Panitia Seleksi Gatot S Dewa Broto yang juga menjabat Sesmenpora.

Doni Aprialdi dinyatakan lulus seleksi akhir dan dapat dipertimbangkan untuk diusulkan diangkat dalam jabatan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan di Kemenpora, demikian bunyi petikan salinan lampiran tersebut.

Kecintaan Doni Aprialdi terhadap dunia Olahraga tidak diragukan lagi. Berbagai prestasi dan terobosan mengharumkan Bumi Lancang Kuning dalam dunia olahraga dapat diraihnya saat menjabat Kadispora Riau.

Keberhasilan tersebut membuatnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Riau periode 2020-2025.

Pengamat Pemerintahan yang juga Akademisi H DR Zulkarnain Kadir SH, MH sangat mendukung putra daerah Riau menduduki jabatan di Kementrian RI.

Menurut Zulkarnain Kadir langkah Kementerian membuka jalan bagi siapapun yang berpotensi di daerah untuk berkarir di  pusat sangat baik dengan melihat kompetensi dan kelayakan dari segi persyaratan.

“Di era sekarang tata kelola birokrasi telah memberi ruang dengan sistem demokratis. Dengan kewenangan yang  diberikan maka banyak potensi yang muncul dari daerah yang bisa menjadi bagian dari keberlanjutan pemerintahan dan memberikan kesempatan kepada orang daerah untuk meningkatkan karirnya salah satunya Doni Aprialdi,” ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Sosok Doni Aprialdi kata Zulkarnain Kadir,
Sangat layak berkiprah di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, jika melihat jenjang karir dan kompetensi yang dimilikinya.

Dikatakannya, Doni memiliki pengalaman birokrasi yang cukup panjang dengan umur yang masih relatif muda. Bahkan dari segi kepangkatan dan kompetensi, sangat memenuhi  syarat dan sesuai pada tempatnya.

“Orang cerdas, saya sudah mengenal lama dan pernah sabagai staf saya saat di DPRD dulu, sifatnya yang ramah, santun, berkomunikasi secara terbuka, menghargai orang, saya yakin Doni Aprialdi dapat membawa diri di lingkungan Kemenpora,” ujar Zulkarnain Kadir.

Dikatakan Zulkarnain Kadir, Jika proses rekrutmen acuannya adalah merit sistem yang berpijak pada kemampuan, prestasi dan kompetensi maka Doni Aprialdi sudah melalui itu tanpa ada hubungan subjektif didalamnya.

“Kesempatan dan berkarir di pemerintahan pusat ini dapat dicontoh oleh ASN lainnya dan tidak menumpuk di Riau dan hanya jago dikandang,” sindir Zulkarnain Kadir. (man)

  • Bagikan