Banyaknya Pengurus Dokumen Di Discapil Semakin Meludak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, BAGANSIAPIAPI – Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam satu bulan terakhir dipadati oleh masyarakat. Kedatangan warga tersebut untuk mengurus dokumen kependudukan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftarkan anak kesekolah.

Demikian disampaikan Kadisdukcapil Rohil, Badaruddin SH, Senin (16/7/2018) di Bagansiapiapi. “Dalam satu bulan terakhir masyarakat sangat ramai dan rela ngantri untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Dalam satu harinya kita melayani ratusan masyarakat dari berbagai kecamatan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dokumen kependudukan yang diurus masyarakat mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, surat pindah dan lain sebagainya. Dokumen kependudukan itu pada umumnya diperlukan untuk keperluan pendaftaran sekolah.

Basarudin juga mengingatkan seluruh masyarakat agar melakukan pengurusan dokumen terutama untuk persyaratan masuk sekolah hendaknya dilakukan jauh hari sebelum dibutuhkan. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya gangguan sistem serta lainnya.

“Kita imbau kepada masyarakat segera mengurus dokumen Kependudukan, jangan setiap masuk tahun ajaran baru di situ baru mau mengurus. Kita takut saat syarat sekolah berupa, KTP, KK, dan Akte Kelahiran dibutuhkan tidak pula bisa dilakukan percetakan yang disebabkan beberapa hal, terutama dikarenakan terjadinya gangguan system,” pungkasnya.

Penulis : Jum.

  • Bagikan