Dinas Pariwisata Rohul gandeng  UPP Gelar Festival Solo Lagu Melayu

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM,ROHUL – Disparbud Rohul Taja pestival lagu Melayu  dalam rangka melestarikan budaya Melayu khususnya membangkitkan generasi muda akan lagu yang bernuansa Melayu.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu, Riau gandeng Universitas Pasir Pengaraian (UPP)  Kabupaten Rokan Hulu, Riau untuk menggelar  Festival Solo Lagu Melayu yang ditaja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPP pasir pengaraian.
Acara yang yang dilaksanakan Jumat, (26/1) malam bertempat di taman rekreasi Dataran Tinggi Pematang Baih bertepatan di depan masjid kebangga’an Rohul Islamic Center Di Desa Pematang berangan kecamatan  rambah, Dan acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudaya’an Rohul Drs, Yusmar M.Si mewakili Plt. Bupati Rohul  H. Sukiman yang tidak bisa hadir karena mendampingi Kunjungan Kerja Gubernur Riau.
Dalam acara ini turut hadir Rektor UPP Dr. Adolf Bastian, S.Pd. M.Pd, Kepala Bapenda Joni Muchtar SE MSi Ak, Kabid Pariwisata, Kabid Perencanaan,juga tampak hadir para Dekan Gubernur BEM UPP, peserta Festival serta para undanngan lainnya.
Budiman Purnama selaku ketua panitia mengatakan bahwa peserta Festival berjumlah sebanyak 27 orang, laki-laki dan wanita dengan Lagu wajib  berjudul Tuanku Tambusai dan satu lagu bebas untuk setiap peserta.
Tambahnya bahwa yang tampil pada saat pembukaan sebanyak (9) sembilan  peserta dan sisanya  dilanjutkan hingga Sabtu, (27/1) dan  malam minggu dilaksanakan Grand Final bagi peserta yang lolos dari penilaian tiga orang juri dari Disbudpar, dari Rumah Seni Balai Proco dan dari UPP Rohul.
Kami hanya bisa ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Rahul, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bapenda, Rektor UPP dan seponsor lainnya sehingga acara Festival Solo Lagu Melayu bisa kita laksanakan bersama-sama,” tambah Ketua BEM FKIP UPP Riki.
Dr. Adolf Bastian, S.Pd.M.Pd  selain mengatakan dukungannya, dia  juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Festival lagu solo Melayu hasil kerjasama UPP dan Disbudpar Rohul ini.
Acara Ini urainya suatu kebanggaan bagi Kampus UPP,Sehingga melalui Festival  ini merupakan  cara kita terus melestarikan budaya Melayu di Riau khususnya di Kabupaten Rohul Negeri seribu suluk ini pungkasnya.
“Saya bangga kepada Mahasiswa/i UPP. Selamat beraudisi kepada peserta, tampilkanlah yang terbaik dengan  suara indahnya dihadapan juri,” terangnya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul Drs, Yusmar M.Si mengaku sangat bangga adanya ide-ide cemerlang dari Mahasiswa UPP seperti acara Festival lagu solo Melayu ini.
Ternyata dari penampilan para peserta yang sudah tampil mereka miliki bakat yang luar biasa dan inilah yang akan pihaknya rangkul karena Mahasiswa-Siswi miliki pemikiran yang cemerlang dan unik, membangun dan energik,” kata Kadisbudpar Rohul.
Yusmar, kuta sangat mendukung dan membuka diri pada acara yang masuk dalam bidangnya, dengan harapan bersama untuk memajukan Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini.
Dan acara seperti ini, tidak hanya untuk Mahasiswa UPP.  Kepada Universitas lainnya di Rohul, Pemuda,  masyarakat umum, Disbudpar Rohul selalu siap memberikan kesempatan  untuk kebersamaan kita dari berbagai perbedaan kita yang ada. Karena dengan berbagai perbedaaan ini kita akan mengukir sebuah keindahan,antar suku  yang ada di bumi Negeri seribu suluk ini ” pungkasnya. (RL)

 

  • Bagikan