Tim Peneliti dari Puslitbang Polri Turun Ke Polres Rohul, Ternyata Ini Yang Dilakukan

  • Bagikan
Tim Peneliti dari Puslitbang Polri foto bersama dengan pejabat polres Rohul

RIAUDETIL.COM, ROHUL – Tim Peneliti dari Puslitbang Polri lakukan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri di Polres Rohul, Rabu (22/1/2019).

Tim dipimpin Kabid Gas Opsnal Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Burdin Hambali, didampingi Konsultan Peneliti dari LIPI Prof. Dr. Dwi Purwoko Msi, Kasubbid Gastin Bid Gas Opsnal Puslitbang Polri AKBP Hanafiah Nembo.

Tim Peneliti Puslitbang Polri ini disambut Kapolres Rohul, AKBP M. Hasyim Risahondua, serta sejumlah Pejabat Utama Polres Rohul.

Ketua Tim Kombes Pol Drs. Burdin Hambali mengatakan, maksud kedatangan Tim, yaitu dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Untuk Jajaran Polda Riau Tim lakukan penelitian di lima Polres yakni Polres Kampar, Polresta Pekanbaru, Polres Rokan Hulu, Polres Bengkalis dan Polres Dumai,” ucapnya, Rabu (23/1/2019), di Mapolres Rohul.

Ditambahkan, ‎sasaran penelitian meliputi 5 bidang pelayanan dari 5 Fungsi Opsnal Kepolisian yaitu Bidang Lalu Lintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara.

Dari kelima fungsi ini nantinya akan dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan.

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polri, pihaknya menyebarkan kuesioner kepada masyarakat, mahasiswa, mewawancarai pejabat-pejabat polres termasuk kapolres Rohul.

Diakuinya, penelitian itu dilakukan juga untuk mengetahui sejauh mana ‎kinerja dari polres Rohul dalam melaksanakan fungsinya selaku pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat.

Pengakuan warga masyarakat yang ditemui mereka secara umum mengapresiasi kinerja Polres Rohul saat ini yang dinilai banyak kemajuan dari tahun ketahun.

“Disamping itu mereka juga menyampaikan harapannya agar kedepan pelayanan Polri untuk masyarakat ini akan lebih baik lagi,” sebutnya.

Selain itu tambahnya, dari aspek pelayanan publik saat ini juga sudah semakin baik, seperti pelayanan pembuatan SIM dan SKCK, seperti pembuatan SKCK sudah menggunakan aplikasi yang bisa di akses di smartphone, sehingga lebih efisien.

Kombes Pol Burdin Hambali berpesan ke Kapolres Rohul, agar dalam pelaksanaan tugas polres yang baik, tentunya ada partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama dalam pemeliharaan keamanan di masyarakat, untuk itulah jalin komunikasi yang baik ditengah-tengah masyarakat.

“Jalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat, ” pungkasnya.

Di pertemuan itu juga dilakukan diskusi oleh Tim Peneliti bersama Pejabat Utama Polres Rohul, Tim meminta para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba untuk menyampaikan inovasi-inovasi serta langkah apa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.”***(Mad).

  • Bagikan