Fosil Gajah Purba, Surili dan Xiaomi

  • Bagikan
Pengunjung melihat fosil gading Stegodon trigonocephalus atau gajah purba di ITB Bandung, Jawa Barat, Jumat, 21 Desember 2018. TEMPO/Prima Mulia

RIAUDETIL.COM,JAKARTA  – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang penemuan fosil gajah purba di Indramayu, Jawa Barat. Warga Desa Cikawung tidak menyadari batuan yang mereka temukan adalah fosil gajah purba atau stegodon. Awalnya, mereka berniat menjadikannya sebagai batu akik.

Berita terpopuler lainnya mengenai penemuan tiga ekor monyet langka berkeliaran di sejumlah tempat di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, Kamis 16 Januari 2020. Masyarakat setempat mengenalinya sebagai surili, spesies primata endemik Jawa Barat, dan pernah dikenali sebagai maskot PON XIX pada 2016 lalu.

Selain itu, pengajuan paten Xiaomi terbaru berisi konsep desain smartphone yang menempatkan kamera depan dan belakang pada mekanisme pop-up hingga tujuh lensa juga mencuri perhatian pembaca.
Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno sepanjang Jumat 17 Januari 2020:

1. Fosil Gajah Purba Hampir Digosok Dijadikan Batu Akik

Warga Desa Cikawung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tidak menyadari batuan yang mereka temukan adalah fosil gajah purba atau stegodon. Awalnya, mereka berniat menjadikannya sebagai batu akik.

“Masyarakat di sini tidak tahu kalau itu fosil dan dibiarkan saja di lembah. Baru diangkat dan dibawa pulang setelah ada keinginan untuk dibuat batu akik,” kata warga Desa Cikawung yang menemukan fosil itu, Unang Herman, di Indramayu, Kamis 16 Januari 2020.

Fosil hewan vertebrata jenis stegodon atau gajah purba itu ditemukan warga di lembah Sungai Cilalanang, Dusun Ciwado, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi. Penemuan saat melakukan aktivitas di sekitar obyek wisata alam Ciwado.

2. Monyet Langka Surili Berkeliaran di Desa di Cianjur, Bikin Heboh

Tiga ekor monyet berkeliaran di sejumlah tempat di Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, Kamis 16 Januari 2020. Kehadiran mereka membuat heboh masyarakat setempat yang mengenalinya sebagai surili, monyet langka spesies primata endemik Jawa Barat.

Surili disebut memiliki habitat di hutan dengan pepohonan tinggi di kawasan Gunung Gede-Pangrango. Sedangkan Desa Sukaraharja tak memiliki kawasan hutan lindung. “Kami berharap ada dinas atau instansi terkait untuk menangkap dan membawa kembali surili ke habitatnya,” kata Kasi Pemerintahan Desa Sukarahaja Budi Komara, Kamis.

3. Paten Xiaomi Baru Ungkap Desain Kamera Pop-up 7 Lensa

Pengajuan paten Xiaomi terbaru telah disahkan oleh Lembaga Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional Cina (CNIPA). Isinya adalah tiga konsep desain smartphone di bagian kamera yang menempatkan kamera depan dan belakang pada mekanisme pop-up hingga tujuh lensa.

Seperti dikutip dari laman Gsmarena, paten mencakup desain kamera bagian belakang dengan pengaturan dua, tiga, dan lima lensa. Sedangkan di bagian depan, desain mencakup pemasangan dua kamera.

Proses pengajuan paten memang menjadi celah untuk bisa mengintip apa yang sedang diujicoba produsen smartphone. Namun, jika mengacu pada beberapa paten sebelumnya, biasanya belum tentu hak paten direalisasikan menjadi produk jadi oleh si produsen.(tc)

  • Bagikan