Pandemi Corona, Kemenag Imbau Umat Kristiani Rayakan Paskah di Rumah

  • Bagikan
Gedung Kemenag (Foto: Istimewa)

RIAUDETIL.COMKementerian Agama (Kemenag)mengimbau umat Kristiani melaksanakan perayaan Paskah di rumah masing-masing. Imbauan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Untuk perayaan Paskah, Ditjen Bimas (Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat) Kristen mengimbau kepada pimpinan gereja agar dilaksanakan di rumah masing-masing,” kata Direktur Urusan Agama Kristen Kemenag, Janus Pangaribuan, dalam keterangan pers tertulis, Minggu (5/4/2020).

Janus menyebut pihaknya sudah mengirimkan surat imbauan untuk pelaksanaan perjamuan kudus yang sebaiknya juga dilaksanakan di rumah. Surat tersebut dikirim ke pimpinan-pimpinan gereja untuk disebarluaskan ke jemaatnya.

“Ditjen Bimas Kristen telah mengirimkan surat imbauan pada 3 April 2020 terkait hal ini kepada pimpinan persekutuan gereja aras nasional dan pimpinan induk gereja/sinode di seluruh Indonesia. Kami mendorong agar perjamuan kudus digelar di rumah, sesuai dengan tata gereja masing-masing,” katanya.

Bagi gereja yang sudah terlanjur membuat persiapan acara jamuan kudus. Janus mengimbau agar rencana itu ditunda hingga pandemi Corona berakhir.

“Kalaupun para pimpinan induk organisasi gereja/sinode seluruh Indonesia akan menggelar perayaan, kami berharap pelaksanaan perjamuan kudus bisa ditunda hingga bencana pandemi COVID-19 selesai, atau dilaksanakan di rumah masing-masing,” tuturnya.

Hari Raya Paskah jatuh pada 12 April 2020. Perayaan Jumat Agung akan diselenggarakan pada 10 April 2020 untuk memperingati wafatnya Yesus Kristus.***(detik.com)

  • Bagikan