Portugal Umumkan Darurat Nasional Virus Corona

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun)

RIAUDETIL.COM – Pemerintah Portugalmengumumkan darurat nasional virus Corona selama 15 hari ke depan. Kebijakan itu diharapkan akan mengurangi pergerakan masyarakat untuk menekan angka penularan COVID-19 itu.

“Ini adalah keputusan yang luar biasa untuk periode yang luar biasa,” ujar Presiden Konservatif Marcelo Rebelo de Sousa dalam pidatonya yang disiarkan televisi lokal pada Rabu (18/3) malam waktu setempat, seperti dilansir AFP, Kamis (19/3/2020).

“Ini bukan menentang demokrasi. Ini adalah demokrasi yang berusaha mencegah gangguan yang tidak dapat diperbaiki dalam kehidupan masyarakat,” imbuhnya.

Kebijakan ini adalah pertama kalinya keadaan darurat diumumkan di negara yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, sejak tahun 1970 silam.

Dekrit menyatakan keadaan darurat memungkinkan pemerintah akan menangguhkan beberapa hak dan kebebasan konstitusional. Seperti kebebasan bergerak dan dan mogok kerja. Pemerintah juga berpeluang untuk memaksa orang agar melakukan karantina.

Pemerintah akan memberlakukan keadaan darurat ini pada hari Kamis (19/3) waktu setempat. Itu dilakukan setelah pertemuan kabinet mingguan.

Sementara itu, Perdana Menteri Sosialis, Antonio Costa mengatakan keputusan itu disetujui oleh parlemen.

“Langkah-langkah ini akan ‘memperkuat perjuangan dan pencegahan’ pandemi ini,” katanya.

Keadaan darurat ini dapat diperpanjang setelah 15 hari dari aturan ini berlaku. Perdana Menteri mengatakan kebijakan ini juga bisa berlangsung selama beberapa bulan.

Portugal sejauh ini melaporkan 448 kasus positif virus Corona, dengan 2 kasus kematian. Pemerintah juga menegaskan bahwa jumlah kasus infeksi diperkirakan akan terus meningkat setidaknya hingga bulan April.***(detik.com)

  • Bagikan