Kanan 1

Hari Jadi dan Nama Indragiri Disahkan, Bupati Rezita: Ini Momentum Bersejarah

  • Bagikan
Hari Jadi dan Nama Indragiri Disahkan, Bupati Rezita: Ini Momentum Bersejarah

RIAUDETIL.COM RENGAT – Penetapan Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) resmi ditetapkan. Penetapan Hari Jadi itu disahkan melalui Rapat Paripurna DPRD, Selasa (1/8/2023). Melalui rapat paripurna Istimewa itu turut disahkan penetapan pengembalian nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri.

Kegiatan ini dilaksanakan Aula lantai II Kantor Dinas Tenaga Kerja dipimpin oleh Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura SH, MH, yang didampingi oleh yang didampingi oleh Waka I Masyrullah SP, Waka II Suwardi Ritonga SE dan 27 Anggota DPRD Inhu.

Dari Eksekutif hadir Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE, Wakil Bupati Drs H Djunaidi Rahmat M.Si, Sekda Ir. H Hendrizal M.Si, para staf ahli Bupati, para asisten, para kepala OPD, para Kabag, camat serta penjabat lainnya.

Dari tokoh masyarakat hadir Ketua MKA LAM Riau Datuk Marjohan Yusup, Ketua MKA LAM Inhu Datuk Encik Aljunaidi, Ketua DPH LAM Inhu Datuk Ali Fahmi Azis, H. Zulkipli Gani, Ketua Persebatian Kekerabatan Kerajaan Indragiri Raja Maizir Mit, Ketua PSMTI Inhu serta undangan lainnya.

Hasil rekomendasi yang disampaikan Ketua Pansus DPRD Muhammad Syafaat bahwa direkomendasikan untuk hari jadi Kabupaten Inhu jatuh pada tanggal 19 Maret 1956.

Penetapan mengenai tanggal 19 Maret sebagai hari jadi dilakukan dengan berbagai landasan mulai dari akademik dan studi komparatif serta koordinasi dengan pemprov dan daerah lain yang telah menetapkan hari jadi.

Selanjutnya, rekomendasi pansus itu kemudian diperkuat dengan persetujuan seluruh peserta rapat dan ketukan palu oleh Ketua DPRD.

Dihadapan anggota dewan dan undangan Bupati Rezita Meylani mengatakan bahwa momentum penetapan hari jadi ini merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah.

“Penetapan hari jadi ini merupakan peristiwa penting yang menjadi pengakuan identitas dan kebanggaan serta momentum bersejarah bagi Kabupaten Inhu,” tutur Rezita.

Rezita pun menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah turut menjalani proses merumuskan hingga menetapkan hari jadi Kabupaten Inhu ini.

“Mari kita sambut hari jadi dan pengembalian nama Kabupaten Indragiri ini dengan spirit dan semangat yang sama untuk membangun Kabupaten Inhu yang semakin maju dan sejahtera,” harapnya.

Terakhir, Rezita menyampaikan harapan akan doa dan dukungan dari para orang tua, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat untuk terus bersinergi membangun daerah. (man)

  • Bagikan