Dukung Enam Fondasi Kemampuan Anak Usia Dini, Bupati Inhu Galang Komitmen Penguatan Transisi PAUD-SD

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Selaku Bunda PAUD Indragiri Hulu (Inhu), Bupati Rezita Meylani Yopi melakukan Penandatanganan komitmen penguatan transisi PAUD-SD yang dilaksanakan bersamaan dengan Perpisahan dan Wisuda Iqro’ TK Al-Khansa Rengat, di Gedung Dang Purnama Rengat, Minggu pagi (4/6/2023).

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mengatakan penandatanganan komitmen dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada PAUD agar kemampuan fondasi anak yang dibangun berkelanjutan hingga di SD kelas rendah.

Beliau menjelaskan dihadapan orang tua murid, ada enam kemampuan fondasi yang harusnya dibangun di PAUD dan berkelanjutan di SD hingga kelas 2, yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti; keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi; kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Selanjutnya sambung Rezita, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, seperti keterampilan dasar literasi dan numerasi, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri; dan pemaknaan terhadap belajar yang positif.

Menurutnya, saat ini masih banyak orang tua yang berharap anak yang masuk SD sudah harus lancar membaca, menulis dan berhitung atau calistung, yang mengakibatkan pembelajaran di PAUD fokus hanya melatih anak calistung.

“Oleh karena itu, dengan adanya komitmen ini Beliau berharap tak ada lagi miskonsepsi di kalangan masyarakat tentang kemampuan anak di PAUD dan SD,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Rezita dihadapan hadirin yang hadir menyampaikan bahwa Kabupaten Inhu baru saja menerima penghargaan MERDEKA BELAJAR kategori Pemda Transformatif Tingkat Kabupaten/Kota Non 3T Subkategori Transformasi Digital Dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia diserahkan langsung oleh Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim.

Penghargaan tersebut terang Rezita, diberikan karena Kabupaten Inhu termasuk menjadi salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang tenaga pendidik dan siswanya paling banyak memanfaatkan platform Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbudristek tersebut.

“Penghargaan ini tak terlepas dari usaha kita bersama baik pemerintah maupun bapak ibu guru, sehingga dalam acara ini saya ucapkan ribuan terima kasih” tutupnya. (man)

  • Bagikan