Pemkab Salurkan Akan Salurkan Bantuan Pembangunan dan Peningkatan Kualitas Rumah KAT

  • Bagikan
Kepala Dinas PU Kabupaten Kepulauan H.Herman.SE.MT

 

RIAUDETIL.COM,MERANTI – Dinas Pekerjaan UMUM (PU) kabupaten Kepulauan  Meranti,Akan segera menyalurukan bantuan pembangnan Rumah baru  serta penigkatan kualitas Kepada Komunitas Adat Terpencil (KAT)  yang  ada ke beberapa Desa di wilayah  Kepulauan Meranti .

Untuk tahun ini (2020) setidaknya ada 80 unit rumah bangunan baru   dan sebanyak  114 unit peningkatan  kualitas rumah KAT, yang akan di berikan  kepada  masyarakat  KAT  pada tahun ini dengan  anggaran sekitar 5 M, lebih ,melalui  Dana Alokasi Khusus (DAK)  yang di salurkan  pemerintah Pusat.

Hal itu dungkap Kepala Dinas PU Kabupaten Kepulauan Meranti ,H.Herman.SE.MT melalui isekretarinya Syaiful Bahari.saat ditemui  sejumlah wartawan  diruang kerjanya baru-baru ini.dikatanya untuk pembangunan Rumah itu,masing-,masing kepala Keluarga (kk ) akan mendapatkan  bantuan sebesar 40 juta, terdiri dari 35 juta untuk bahan bangunan dan 5 juta untuk  biaya pekerjaan (upah tukang-red):”ungkapnya.

Menurut Saiful, bantuan ini  tidak berbentuk rumah jadi seperti rumah layak huni,kali ini bantuan yang diberikan sipatnya menambah atau mendorong masyarakat untuk memilik rumah.pemerintah hanya membantu dana sebesar 40 juta ,35 juta untuk bahan bangunan dan 5 juta untuk upah tuykang yang mengerjakan.dan bantuan tidak berupa uang akan tetapi bantuan yang kita berikan itu berupa bahan bangunan senilai 35 juta”sebutnya.

“Kita  tidak memberikan bantuan  berupa rumah jadi,akan tetapi  bantuan ini sipat mendorong masyarakat untuk bisa memiliki rumah artinya  pemerintah hanya  menambah oleh karena itu kita juga mengharapkan ada partisapai dari masyarakat itu sendiri,misalnya dia ingin  membangun rumah batu maka kita akan menyediakan bahannya senilai 35 juta  dan upah tukang 5 juta. Kekurangan mereka  yang akan memenuhinya.

Jauh sebelumnya Kita sudah melakukan Komitmen bersama masyarakat Penerima bantuan  kalau mereka ingin rumahnya lebih bagus lagi mereka akan menambah dengan dananya sendiri kita hanya membantu 35 juta ,kalau mereka tidak punya tambungan ya mungkin mereka hanya membangun rumah papan saja, maka kita akan sediakan bahannya sesuai dengan anggarannya, yang pasti rumah itu bisa selesai dibangun dan bisa di tempati”sebut Saiful.(swl)

  • Bagikan