Puluhan Peserta UKW Gabungan Ikuti Pelatihan Pra-UKW

  • Bagikan

Kepulauan Meranti – Sebanyak 60 Peserta Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) gabungan dari Provinsi Riau dan Papua Tengah, mengikuti mengikuti pelatihan Pra-UKW melalui Via Zoom Meeting.

Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus seleksi administrasi mengikuti UKW gratis oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Untuk kegiatan UKW di Nabire, Provinsi Papua Tengah, nantinya akan dilaksanakan pada 18-19 April. Sedangkan UKW di Riau, akan dilaksanakan pada 23-24 April mendatang,” beber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun melalui via Zoom Meeting. Senin (15/04) siang.

Dalam sambutannya, Hendry menjelaskan bahwa dilaksanakan Pra-UKW merupakan salah satu langkah persiapan bagi peserta dalam menghadapi UKW sesungguhnya.

“Seluruh peserta diminta untuk fokus mengikuti Pra-UKW ini. Selain harapan lulus dengan hasil yang memuaskan, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah diberikan pada kegiatan jurnalistik kedepannya,” harapnya.

Kemudian, kegiatan diisi dengan penyampaian dari beberapa narasumber. Sesi pertama, disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen), Sayid Iskandarsyah, yang menjelaskan tentang pentingnya sertifikasi kompetensi wartawan, kode etik jurnalistik dan hukum pers.

Sesi kedua, dijelaskan oleh Direktur UKW, Firdaus Komar, tentang standar kompetensi wartawan, bahasa Indonesia jurnalistik, perencanaan liputan, investigasi, editing dan evaluasi.

Sesi terakhir, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, M.Nasir, menjelaskan tentang teknik wawancara, penulisan berita (straight news, feature dan tajuk).

Setiap narasumber menyampaikan dengan metode presentasi, penugasan, dilanjutkan dengan tanya jawab/diskusi, dan ditutup dengan kesimpulan.

  • Bagikan