DPMD Pelalawan Pastikan Rekrutmen Pendamping SIAGA Prosedural,Profesional dan Transparan

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, PELALAWAN – Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah melakukan pendaftaran secara online tenaga Pendamping tingkat desa,kelurahan, kecamatan hingga Kabupaten dengan nama Generasi Jaga Warga (SIAGA) di web milik DPMD pada 31 Maret hingga 6 April 2022 lalu.

Demikian disampaikan Novri Wahyudi Plt.Kepala DPMD Pelalawan kepada riaudetil.com, Selasa (12/4/2022).Menurutnya program ini, murni adalah program Kepala Daerah yang baru berdasarkan Peraturan Bupati Pelalawan nomor 06 tahun 2022 tentang Program Pendamping SIAGA Kabupaten Pelalawan.

” Kalau dulu namanya pendamping desa atau kelurahan saja ,saat ini namanya Pendamping SIAGA.Fungsi dan tugas sudah pasti berbeda makanya dilakukan perekrutan dimana selain mensukseskan program Pemerintah  juga asistensi kepada masyarakat dengan formasi yang dibutuhkan yakni 182 orang ,”paparnya.

 

Ditambahkannya, Generasi Jaga Warga (SIAGA) merupakan program pendampingan dalam rangka upaya mengasistensi masyarakat Kabupaten Pelalawan.Program ini memaksimal capaian program pemberdayaan masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sehingga seluruh program dapat tepat sasaran.

 

 

Pendamping SIAGA dilakukan pada 118 desa dan kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Pelalawan dengan memberdayakan generasi muda desa/kelurahan setempat yang memiliki tingkat pendidikan minimal D.III yang lolos seleksi perekrutan.

 

 

Struktur organisasi pendamping SIAGA disusun secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkatan desa dan kelurahan. Jumlah tenaga pendamping SIAGA di tingkat desa dan kelurahan yang dihitung berdasarkan kebutuhan pendaping SIAGA perkelipatan 1000 KK.

 

 

Dilanjutkan Novri, adapun tugas pokok Pendampinh SIAGA yakni :

 

 

1. Pembinaan terhadap Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan

 

2. Pengumpulan data dalam rangka pemberdayaan masyarakat

 

3. Pembinaan  terhadap lembaga ekonomi desa dan kelurahan

 

4. Pembinaan terhadap masyarakat penerima bantuah hibah  Pemerintah Daerah

 

5. Asistensi terhadap pelayanan masyarakat

 

6. melakukan koordinasi terkait data sosial dengan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM),

 

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

 

 

Rekrutmen Pendamping Generasi Jaga Warga (SiAGA)  berdasarkan Perbup Pelalawan nomor 06 tahun 2022 tentang Program Pendamping SIAGA Kabupaten Pelalawan dengan ketentuan sebagai berikut :  memenuhi persyaratan, umur maksimal 45 tahun,berdomisili di Kabupaten Pelalawan,  memiliki kepekaan terhadap kebiasaan, adat istiadat dan nilai nilai budaya indonesia masyarakat desa, dapat melalukan fasilitasi kerjasama antar lembaga kemasyarakatan, memiliki jenjang pendidikan minimal D-3 ( Diploma III)

 

 

” Rekrutmen sudah pastinya sangat prosedural,profesional dan sangat transparan.Karena sudah tertuang dalam Perbup dan ini Pogram Kepala Daerah yang baru.Tentu yang tidak memenuhi syarat tak akan lolos.Kepastian alamat atau domisili dengan  tempat dia mendaftar desa,kelurahan,kecamatan sampai tingkat Kabupaten dicrooscek dengan teliti.Jika alamat tidak sesuai dengan desa,kelurahan,kecamatan atau Kabupaten maka akan gugur.Bahkan ada yang mendaftar beralamatkan Kabupaten Kampar tidak diloloskan ,” ujarnya.

 

 

Terpisah, Kiki Syamputra Ketua Panitia Seleksi tenaga pendamping SIAGA memaparkan bahwa saat ini dalam proses seleksi berkas administrasi

 

 

Menurutnya, sesuai tahapan rekrutmen pendamping SIAGA yakni; pengumuman pendaftaran 31 maret – 6 April 2022,penyerahan berkas hard copy 7 – 8 April 2022, seleksi administrasi 11-13 April 2022,pengumuman hasil eleksi administrasi 15 April 2022,tes tertulis pendamping Siaga desa/kelurahan 18-20 April 2022,pengumuman hasil tes tertulis desa/kelurahan 21 April 2022, tes tertulis koordinator pendamping, koordinator wilayah I dan II, koordinator pengelolaan data dan koordinator kecamatan 21 April 2022,pengumuman hasil tes tertulis koordinator pendamping, koordinator wilayah I dan II, koordinator pengelolaan data dan koordinator kecamatan 23 April 2022, tes wawancara 25 – 26 April 2022,pengumuman hasil seleksi pendamping siaga 29 April 2022,melengkapi syarat surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba 9 – 11 April 2022,penerbitan Surat Keputusan (SK)  13 Mei 2022.

 

 

 

” Pendamping SiAGA memprioritaskan putra-putri asli desa,kelurahan,kecamatan dan Kabupaten masing-masing dengan kualifikasi pendidikan minimal Diploma III atau D3 ke atas.Pendamping SIAGA ini akan menjadi big data terkait perekonomian hingga sosial di masyarakat. Status pendamping sebagai tenaga kontrak Pemda akan diberikan upah atau gaji sesuai aturan yang ada,” tukasnya. (ZoelGomes)

  • Bagikan