Pemkab Pelalawan Raih 2 Penghargaan Daerah Terbaik Kategori Pembangunan Kesejahteraan dan Kesehatan, HM Harris: “Implementasi 7 Program Strategis Menuju Pelalawan Emas”

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PELALAWAN – Berbagai prestasi terus ditorehkan Pemkab Pelalawan,baik dari Pemerintah Pusat maupun lembaga independent. Jelang 4 hari Bupati Pelalawan H.M.Harris meraih penghargaan tokoh literasi nasional 2018 pada Sabtu (24/11/2018) lalu dan Rabu (28/11/2018) Pemkab Pelalawan meraih 2 penghargaan sekaligus sebagai daerah terbaik kategori pembangunan bidang kesejahteraan dan kesehatan kelompok 1 dalam indek kelola (kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD).

Indeks Kelola adalah metode penilaian mengelola APBD sehingga berdampak langsung pada masyarakat. Metode indeks kelola dirumuskan oleh katadata.co.id dibantu jariUngu.com dan sejumlah ekonom fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Gajah Mada. Penyerahan penghargaan yang dijadwalkan diserahkan langsung oleh Metta Darmasa Putra chief executive officer katadata.co.id kepada Pemkab Pelalawan melalui Bupati Pelalawan H. M.Harris pada lusa Rabu (28/11/2018) bertempat di XXI Ballroom Djakarta Theater Jalan M. H. Thamrin no. 9 Jakarta Pusat.

Untuk diketahui, katadata.co.id adalah perusahaan media data dan riset online dibidang ekonomi dan bisnis.Didirikan pada 1 April 2012 di Jakarta. Perusahaan ini menyajikan berita, informasi, data dan hasil riset mendalam bagi kepentingan para pemimpin bisnis dan pengambil kebijakan.

Sementara jariUngu.com menyediakan informasi profil anggota parlemen Indonesia (DPR, DPD dan DPRD) sejak tahun 2004 serta profil caleg 2014 dan 2019.JariUngu juga menyediakan data keuangan pemerintah pusat (LKPP) dan seluruh daerah (LKPD) yang telah diaudit sejak tahun 2004 serta berbagai peraturan terkait bagi anggota parlemen dan masyarakat yang dapat diakses penuh secara berlangganan.

” Alhamdulillah Kabupaten Pelalawan kembali mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan terbaik se – Indonesia. Penghargaan ini sebagai penilaian untuk kategori pembangunan bidang kesehatan kelompok I dalam indeks kelola ( kinerja dan efektifitas pengelolaan APBD).”jelas Bupati H. M. Harris.

Menurutnya, metode penilaian berdasarkan keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD sehingga berdampak langsung kepada masyarakat.

” Kita sangat komit dengan bidang kesejahteraan dan kesehatan. Keduanya masuk dalam 7 program strategis Kabupaten Pelalawan yakni Pelalawan Cerdas, Pelalawan Sehat, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar, Pelalawan Makmur,Pelalawan Eksotis dan Pelalawan inovatif. Kita sudah berkomimen untuk mrcapai Pelalawan Emas ekonomi mandisi aman dan sejahtera, ” ungkapnya.

Bupati berharap dengan penghargaan yang di peroleh Kabupaten Pelalawan dibawah kepemimpinannya dua periode ini bisa memberikan motivasi bagi insan kesehatan untuk lebih meningkatkan kinerja dan berinovasi di bidang kesehatan dan juga Ini erat hubungannya dengan keberhasilan program Pelalawan sehat yang kita selalu sampaikan dimana kita mengejar ketertinggalan dan bersaing secara nasional.”

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pelalawan Ir. M. Syahrul Syarif, M. Si menyampaikan prestasi membanggakan ini merupakan penilaian dari lembaga independen. ” Ini pengakuan bahwa pengelolaan APBD Kita telah sesuai dengan yang diharapkan melalui RPJMD yang telah disepakati.Perortam pro masyarakat menjadi prioritas penting termasuk bidang kesehatan,pendidikan dan lain sebagainya. Kita berharap kebijakan yang dibuat Pemkab Pelalawan terus sesuai dengan program pro eakyat dan mengacu pada program nasional, ” tukasnya.

Untuk penghargaan sendiri Bupati Harris menunjuk Kepala Dinas Kesehatan dr.Endid R Pratikno untuk mewakili dirinya menerima penghargaan tersebut dikarenakan urusan dinas di Batam Kepulauan Riau.

Kadiskes dr.Endid Pratkno membenarkan hal demikian di Jakarta. Ia mengatakan bahwa Bupati Harris kembali menerima penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan bidang kesehatan dan ketepatan alokasi bidang kesejahteraan terbaik se Indonesia. Untuk kategori ini hanya Pelalawan yang mewakili Provinsi Riau.

Endid yang menerima langsung penghargaan menjelaskan bahwa ada empat kategori penghargaan yang di berikan dalam kegiatan ini yakni kesehatan, kesejahteraan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi. ” Kita mendapatkan di dua kategori yaitu kesehatan dan kesejahteraan. Penghargaan ini di berikan langsung kepada saya mewakili Bupati Pelalawan H.M.Harris yang di serahkan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Drs. Syarifuddin,MM.

Pemerintah Kabupaten Pelalawan dibawah kepemimpinan Bupati H.M.Harris dan Wakil Bupati Drs.H.Zardewan,MM terus menggesa pembangunan dan berbenah melakukan berbagai Inovasi demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Adapun visi pembangunan Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 – 2021 yakni Inonasi Menuju Pelalawan Emas Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera.Adapun makna dari visi tersebut adalah pembangunan yang didorong upaya,gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan yang mandiri dalam ekonomi,aman dan sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.Mandiri dalam ekonomi berarti memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk memberdayakan kemampuan dan sumberdaya Daerah.

Sedangkan misi pembangunan Kabupaten Pelalawan tahun 2016 – 2021 sebagai berikut :
Pertama, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia unggul,beriman bertaqwa dan berbudaya melayu. Dua, Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan. Tiga, Meningkatkan penguatan sistem Inovasi untuk mendukung perekonomian daerah yang kuat dan berdaya saing tinggi. Empat, Meningkatkan pembangunan infrastruktur. Lima, Meningkatkan kinerja birokrasi dan otonomi desa. Enam, Meningkatkan investasi dan pengelolaan sumberdaya unggulan daerah berbasis kerakyatan dan partisipasi masyarakat yang berkelanjutan. Dan Tujuh, Menciptakan ketertiban dan keamanan.

Bupati HM.Harris terus menekankan agar seluruh Satuan Kerja (Satker) bisa mendukung program Pemerintah yang lebih baik terutama melanjutkan 7 program strategis yang telah dilakukan sebelumnya. ” Kita butuh team work yang mau bekerja guna mencapai tujuan.Tentunya RPJMD yang di buat berorientasi dengan program Pusat,” sebutnya.

Melalui visi pembangunan Inovasi Menuju Pelalawan Emas yang menjadi arah kebijakan Pemkab Pelalawan tahun 2016 – 2021 dengan tetap meneruskan 7 program starategis yang lahir dari semangat pembaharuan menuju kemandirian.

7 Program strategis tersebut ;Pertama Pelalawan Sehat, masyarakat harus sehat dan pelayanan kesehatan yang baik. Terwujud Puskesmas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan meraih prestasi akreditasi UTAMA atau bintang empat satu satunya di Provinsi Riau.

Kedua Pelalawan Cerdas untuk meningkatkan IPM dan Peningkatan Sumber daya manusia. Sampai ke membangun kampus perguruan tinggi dikabupaten Pelalawan. AKNP dan ST2P merit perguruan tinggi yang mencetak SDM berkualitas dan sangat dibutuhkan. Ketiga Pelalawan Terang, meningkatkan elektrifikasi dan membangun PLTMG.

Keempat Pelalawan Lancar dan PPIDK, pembangunan infrastruktur perhubungan serta desa kelurahan. Kelima Pelalawan Makmur, membangun pertanian , perkebunan untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Keenam Pelalawan Eksotis, Pembangunan kawasan wisata serta promosi daerah . Gelombang bono dari hal yang menakutkan menjadi potensi wisata. Dan menjadi icon wisata Riau. Ketujuh Pelalawan Inovatif, membangun berbagai inovasi sesuatu potensi daerah.

Kawasan Teknopolitan saat ini dibangun untuk persaingan global. Bukan persaingan sesama kita tetapi dunia hadir dari Kabupaten Pelalawan. Pusat industri hilir kelapa sawit dan riset yang menjadi program strategis nasional.
” ‎7 Program strategis ini diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan dimasa yang akan datang berupa persaingan global dan persiapan menuju Indonesia Emas 2045 dengan tetap bermuara kepada Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera (Emas),” ucap HM.Harris.(Advertorial)

  • Bagikan