BPMPD Bengkalis Gelar Rakor Pendamping Desa se Kecamatan Bukit Batu

  • Bagikan
Rakor Pendamping Desa se Kecamatan Bukit Batu. (KRN 18)
Rakor Pendamping Desa se Kecamatan Bukit Batu. (KRN 18)

RIAU DETIL.COM,SUNGAI PAKNING – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkalis, Selasa (4/10/2016) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pendamping Desa se Kecamatan Bukit Batu. Rakor tersebut digelar di Aula Kantor Camat Bukit Batu.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Bukit Batu Reza Noviendra, Kepala BPMPD Bengkalis yang diwakili Kasubbid Pembinaan Ekonomi Masyarakat, Erdila Fitriyadi SP MSi, Korcam dan Pendamping Desa se Kecamatan Bukit Batu.

Dalam kesempatan itu pihak BPMPD Bengkalis yang diwakili Erdila mengucapkan terima kasih kepada Camat Bukit Batu yang sangat membuka diri dalam program ini dan menyiapkan fasilitas untuk pertemuan tersebut.

“Banyak hal yang kita bicarakan hari ini bersama Korcam, pendamping desa, antara lain mengenai substansi untuk meningkatkan qualitas perekonomian di desa-desa,” ujar Erdila.

Sementara itu Camat Bukit Batu Riza menyambut baik Rakor tersebut, guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di seluruh desa.

“Kita berharap dengan digelarnya Rakor Pendamping Desa ini, dapat pula meningkatkan kualitas dan taraf ekonomi masyarakat yang ada di seluruh desa se Kecamatan Bukit Batu ini,” kata Reza dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu Erdila juga memaparkan tentang poin pokok materi yang dibahas bersama Korcam maupun pendamping desa.

” Yang pertama memberikan pemahaman kepada pendamping agar meningkatkan kualitas pendampingan dan pemberdayaan, kita menyampaikan bahwa ruh dari program ini adalah pemberdayaan guna memberdayakan potensi masyarakat dan ekonomi masyarakat itu sendiri,” ulasnya.

Selain tentang pemahaman, pembahasan juga mengenai strategi untuk penanganan masalah.

“Yang kedua kita coba mensimulasi strategi untuk penanganan masalah yang berada di desa, kita coba mendorong pembentukan Tim terpadu penanganan masalah yang anggota tersebut gabungan dari semua pendamping desa di kecamatan tersebut. Saya yakin bahwa setiap individu pendamping desa memiliki potensi dan strategi penanganan masalah masing-masing, jadi kekuatan inilah kita sinergikan. Kita elaborasikan untuk bisa menyelesaikan masalah secara prioritas, maka kami mendorong untuk pendamping desa menyatu sama-sama menyelesaikan masalah desa yang prioritas diselesaikan,” sebut Erdila panjang lebar.

Dia juga mengimbau agar pendamping desa tetap bersemangat dalam menjalankan tugas.

“Kita melihat semangat yang kuat kawan-kawan pendamping desa Kecamatan Bukit Batu, dan kami mendorong untuk tetap memperkuat sisi administrasi dan verifikasi, untuk tetap menjaga stabilitas tunggakan di tiap desa. Kita yakin kawan-kawan masih semangat tinggal menguatkan dan meningkatkan kualitas pendampingannya,” tutur Erdila. (KRN18/rdc)

 

  • Bagikan