Hari Ini 619 ASN Inhu Divaksinasi COVID-19

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Sebanyak 619 ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu divaksinasi sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (09/03/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhu, Elis Julinarti, DCN, M.Kes menjelaskan, ASN tersebut merupakan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Inhu yang divaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan berdasarkan OPD masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di tiga tempat berbeda yakni Aula Bappeda Kabupaten Inhu, Aula Thamsir Rachman, dan Aula Yopi Arianto Lantai IV Kantor Bupati Inhu. 

Ditemui usai vaksinasi, Kadis kominfo Inhu Jawalter, selaku Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Inhu menerangkan bahwa para ASN tersebut diwajibkan mengikuti skrining kesehatan sekaligus wawancara petugas tentang riwayat kesehatan sebelum menerima suntikan.

Jawalter melanjutkan, setelah selesai divaksin, para ASN diminta untuk beristirahat sembari melihat Apakah ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) atau tidak.

Dikatakannya juga bahwa, penerima vaksin nantinya akan diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa peserta sudah menerima vaksin tahap I. 

“Saya sendiri sudah menerima vaksin, dan ini harus dan sangat penting, untuk itu kita menghimbau kepada seluruh ASN maupun masyarakat Inhu untuk jangan ragu mengikuti vaksinasi” ujar Jawalter.

Jawalter juga menambahkan, pemerintah sudah menerapkan aturan dan pertimbangan yang matang bahwa Vaksin ini harus segera diberikan kepada seluruh masyarakat.

“Untuk itu kita jangan ragu karena vaksin ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita,” ungkapnya. 

Salah seorang ASN penerima vaksin lainnya.Riezal mengatakan Alhamdulillah hari ini telah dilaksanakan vaksin tahap pertama yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Inhu beserta jajarannya.

Setelah disuntikkan vaksin, Riezal juga tidak merasakan gejala ataupun efek samping.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Inhu, ini merupakan salah satu ikhtiar kita dalam rangka pencegahan covid-19,” tutup Riezal.

Adapun vaksinator pada kegiatan vaksinasi ini berasal dari Beberapa puskesmas di Kabupaten Inhu yaitu UPTD Puskesmas Pangkalan Kasai, UPTD Puskesmas Sungai Lala, UPTD Puskesmas Air molek, UPTD Puskesmas Batang Gansal, UPTD Puskesmas Polak Pisang dan UPTD Puskesmas Lirik.

“Kita berharap dengan kita sudah divaksin, dapat lebih membentengi tubuh kita dari COVID-19” ujar Jawalter.

Meskipun telah divaksin, Jawalter berpesan kepada para ASN dan masyarakat pada umumnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. (man)

  • Bagikan