Seorang Kakek Warga Desa Sungai Beringin Tinggal di Gubuk, Perangkat Desa Turun Langsung ke Lokasi

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Seorang kakek renta Darkasih (99) yang hidup sebatang kara di Desa Sungai Beringin, Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) luput dari perhatian banyak pihak dan tinggal di rumah yang tidak layak huni.

Kakek yang akrab dipanggil Moman Kasih ini selain hidup sebatang kara juga tinggal disebuah gubuk yang berada di belakang rumah warga yang bernama Muslim di Jalan Rakimun Gang Datuk Lewah, Desa Sungai Beringin yang diduga bekas kandang ternak.

Berdasarkan Informasi yang didapat, kakek Moman Kasih sudah belasan tahun tinggal di Desa Sungai Beringin, beliau hidup sebatang kara dari menumpang ke rumah warga.

Sebelum tinggal di gubuk reyot milik warga tersebut kakek Moman pernah tinggal di rumah warga, namun karena rumah tersebut dijual dan pemiliknya pindah dirinya terpaksa tinggal di kandang ayam milik warga.

Untuk hidup kakek ini hanya menggantung dari belas kasihan orang, seringkali dia harus menahan lapar berhari-hari Karen tidak ada yang mau dimakan, parahnya lagi tidak pernah ada bantuan dari pemerintah, alasannya karena dia tidak memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Ketua BPD Desa Sungai Beringin Said Sulaiman mengatakan bahwa hari ini Jumat (20/11/2020) dirinya bersama dengan Kepala Desa (Kades) Sungai Beringin Nefri dan perangkat desa setempat turun langsung ke tempat kakek tersebut tinggal.

Dikatakannya, kakek tersebut tinggal di pondok milik Muslim bukan kandang sebagaiaman yang diberitakan dalam beberapa tahun ini dan dipelihara oleh keluarga tersebut, bahkan terkadang beliau memasak sendiri dan pondok ini bukan kandang ternak.

Dipaparkannya, kakek ini aslinya pendatang dan tidak memiliki keluarga dan sudah berada di desa sungai Beringin selama 15 tahun, namun karena kakek ini kurang sehat tak bisa komunikasi, sehingga sulit untuk dimintai keterangan.

“Namun hari ini kita turun bersama dengan Waka Polres Inhu Kompol Zulfa Revaldo S.Ik, M.Si dan Kasat Binmas Polres Inhu AKP Buha Siahaan dan Bhabinkamtibmas IPDA Andri dan Ps Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran,” paparnya.

Kita melihat langsung ke lokasi di RT. 005 RW. 002, diketahui bahwa Darkasih bukan terlantar dan tidak makan, namun dalam beberapa hari terakhir beliau sedang sakit sehingga tidak ada selera makan.

“Jadi tidak benar kalau beliau sering tidak makan, terkait tempat tinggal yang bersangkutan memang tidak memiliki rumah serta tanah sebagai tempat tinggal,” tegasnya. (Man)

  • Bagikan