Untuk Ke 5 Kalinya, KI Kabupaten lnhu Raih Penghargaan

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Capaian positif kembali ditorehkan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) pada acara Pemeringkatan dan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Provinsi Riau KI Riau Award tahun 2019 yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau. Acara ini diselenggarakan di Hotel Grand Central Pekanbaru, Kamis (28/11/2019).

Acara penganugerahan ini dihadiri Ketua Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi, Ketua KI Riau Zufra Irwan, serta tamu undangan lainnya termasuk Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution, S.IP dan kepala daerah lainnya.

Kegiatan diawali dengan pembacaan laporan dan sambutan oleh Zufra Irwan selaku Ketua KI Riau. “Putusan Komisi Informasi terkait sengketa informasi secara keseluruhan yang digugat di PTUN (Peradilan Tata Usaha Negara), Alhamdulillah dikuatkan oleh PTUN” ujar Zufra saat menyampaikan laporan.

Zufra juga menyampaikan bahwa pada tahun 2013, Inhu sudah menjadi pilot project OGI (Open Government Indonesia) dari Sekretariat Negara, sejak saat itu geliat tata kelola informasi di Inhu melalui PPID dibawah Kepala Diskominfo Inhu bergerak cepat dan menjadi percontohan kabupaten lainnya di Provinsi Riau.

“Inhu juga telah berhasil meraih penghargaan tertinggi KI Riau Award selama 4 tahun berturut-turut,” katanya.

Ada konsistensi, komitmen, yang diberikan Kepala Daerah Kabupaten Inhu Bapak Yopi Arianto dalam mengakomodir anggaran terkait tata kelola pelayanan informasi publik, bahkan Inhu secara khusus menganggarkan kegiatan pembinaan untuk seluruh kepala desa di 14 kecamatan di Inhu yang dianggarkan di Diskominfo Inhu.

Dijelaskannya, terdapat 5 kategori pada penganugerahan Badan Publik ini, diantaranya kategori Kabupaten/Kota, kategori OPD Provinsi, kategori partai politik, kategori BUMD dan kategori Perguruan Tinggi dengan kualifikasi yakni Informatif, menuju informatif dan cukup informatif.

“Untuk kategori Kabupaten/Kota menuju informatika, Kabupaten Inhu kembali berhasil meraih nilai tertinggi 87, posisi kedua diraih Kabupaten Kampar dengan nilai 82, disusul Kabupaten Bengkalis dengan nilai 80,” ungkapnya.

Penghargaan diserahkan langsung Wagub Riau H. Edi Natar Nasution dan diterima langsung oleh Kadiskominfo Jawalter. (Man)

  • Bagikan