12 Ruangan di Pesantren Miftahul Muarrif di Bandur Picak Terbakar

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,BANGKINANG – Sebanyak 12 ruangan di Pondok Pesantren Miftahul Mu’arrif Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, ludes dalam peristiwa kebakaran pada Selasa (28/1/2020) siang kemarin.

Kebakaran hebat di pesantren tersebut terjadi pada sekitar pukul 14.45 siang diduga akibat terjadi arus pendek listrik.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Mu’arrif, Tengku Syukur.
Dikatakannya, musibah tersebut terjadi ketika 45 santri sedang belajar di kelas. “Saat kejadian proses belajar mengajar tengah berlangsung. Saat itu ada salah satu santri kita yang sakit tengah tidur di kamar. Ketika itu ia mendengar ada suara di bagian atap yang ternyata api,” kata Tengku Syukur, Selasa (28/1/2020).

Lanjut Syukur, setelah mengetahui adanya api di bagian atap, santri tersebut kemudian berlari untuk meminta bantuan ke arah ruang belajar yang jaraknya hanya sekitar 25 meter.

Setelah itu, santri tersebut juga menyampaikan hal tersebut kepada penjaga kantin yang kemudian penjaga kantin dan santri tersebut meminta bantuan kepada masyarakat dan juga pekerja yang ada di sekitar lokasi.

“Kemudian santri dan juga masyarakat bergotong royong untuk memadamkan api yang di sebelah selatan, dan angin juga mengarah ke selatan. Jadi bangunan yang ada di sebelah utara dapat diselamatkan walaupun api sudah merembet ke atas,” jelasnya.

Tengku Syukur mengatakan bangunan bertingkat tersebut dibangun secara bertahap mulai tahun 2003. Sedangkan bagian atas bangunan tersebut baru didirikan pada tahun 2016 lalu.

Akibat dari kejadian tersebut, Pondok Pesantren yang sudah banyak menghasilkan santri-santri terbaik ini ditafsirkan mengalami kerugian lebih kurang sebanyak Rp 300 juta.

Bagi donatur yang ingin menyumbangkan rezekinya guna membantu pemulihan Pondok Pesantren tersebut, dapat mengirimkannya melalui Rek BRI. 5410-01-010435-53-4. (mcr)

  • Bagikan