Diskes Meranti Himbau Masyarakat Tidak terlalu  Cemas Akan Isu  Corona

  • Bagikan
Sekretaris Dinas Kesehatan kaupaten Kepulauan Meranti Asrul Meldi SKM

 

RIAUDETIL.COM,MERANTI  – Dinas Kesehatan (Diskes) Kapaten Kepulauan Meranti Menghimau Kepada seluruh elemen masayarakat untuk tidak terlalu  kuatir akan Virus Corona yang saat  ini viral di mana-,mana. Sampoai saat  ini kabupaten  kepulauan Meranti masih aman akan vicrus  corona,akan tetapi langka-langkah pencegah mengharus kita lakukan  sehinga bisa terindar dari beragai virus yang meluran bukan  saja corona  termasuk virux menular lainnya”ungkap Kepala Dinas  Kesehatan Kaupaten Kepul;auan Meranti melalu, Asrul Meldi SKM saat dikonfirkmasihkan awak media kamis (5/3.2020)

Dikatakan Asrul  ada beberapa  cara yang efektip untuk mencegah penularan  virus Corona  maupun virus menular lainya ,pertama  masyarakat dianjurkan mencuci tangan dengan mengunakan  sabun, menjaga kondisi fisik dengan mengkomsusi sayur dan buati buahan,tidur dengan cukup serta menghindari kontak  pisik dengan orang –orang  yang  megalami gejala-gejala flu,batuk dan bagi masyarakat yang mengalami  flu,batuk hendaknya mengunakan masker”ungkapnya.

Menurut Asrul,masyarakat tidak perlu terlalu cemas dengan isu virus Corona,karena . peluaran  Virus Corona  tidak memalui udara tapi  melalui percikan cairan batuk atau  bersin  untuk itu Kita juga harus menjaga jarak saat saat berkomunikasi dengan mereka,pastikan  percikan  cairan bersin atau batuk  tidak  sampai ke tubuh kita”jelasnya.

“Sampai saat ini  kabupaten Kepulauan Meranti  masih  aman dari Virus Corona,meski begitu kita tentunyan  tidak boleh sampai kecolongan makanya langkah antisipai atau pencegahan  penularan Virus  Korona tersebut terus  kita lakukan ,dengan melakukan pengecekan terhadap  oranga-orang asing yang positif Corona yang masuk  ke Meranti  seperti dari  Singapore ,Malaysia dan daerah lainnya sudah  lampu kuning  Virus Corona”ungkapnya.

Sementara itu Kaid  P2P ( Pencegahan dan pengendalian Penyaki) Muhammad Fahri SKM,menjelaskan secara rinci tetang ciri orang yang tertular virus Corona diantarnay Flu,Batuk badan panas  dengan suhu diatas 38 derajat. Jika mengalami ciri-ciri tersebut, dianjurkan agar segera mengisolasi diri.

“Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut segera laporkan dan mengisolasi diri. Sehingga tidak menular kepada orang lain,” ujarnya.

Apalagi saat ini, di RSUD juga sudah disiapkan ruangan isolasi untuk mengatasi masalah corona. Pengisolasian akan dilakukan selama 14 hari.Sebutnya

“Kita belum memiliki petugas yang sudah tersertifikasi untuk mengatasi corona. Namun jika sudah mengalami tanda-tanda, maka petugas kita akan segera  berkoordinasi dengan petugas medis yang sudah tersertifikasi di Pekanaru,” ujarnya. (Infotorial)

  • Bagikan