Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor Jadi Tempat Literasi Digital

  • Bagikan
Pos Bhabinkamtibmas berbasis IT di wilayah Desa Bokor, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti. (Foto: Fadhil)

Kepulauan Meranti – Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Melihat hal itu, salah satu personil Bhabinkamtibmas Aipda Ashobirin memliki inovasi untuk membangun Pos Bhabinkamtibmas yang berbasis IT pada wilayah Desa Bokor, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan, melalui Kapolsek Rangsang Barat Iptu Roly Irvan, membenarkan bahwa adanya pembangunan Pos Bhabinkamtibmas yang berbasis IT sejak 15 Maret lalu yang di tandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolres Kepulauan Meranti.

“Pos Bhabinkamtibmas sedang dalap proses pembangunan. Mungkin 1 bulan lagi siap,” beber Roly.

Tujuan penerapan literasi digital itu, menurutnya merupakan hal yang baik untuk diterapkan ke dalam masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat menggunakan teknologi jauh lebih bijak khususnya pada informasi dan komunikasi.

Ia juga menambahkan, selain hal baik yang terdapat pada penggunaan teknologi. Teknologi juga bisa menghasilkan konten-konten buruk tergantung penggunaannya. Seperti; Konten pornografi, investasi ilegal, berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian (Hatespeech), praktik Pinjaman Online Ilegal (Pinjol), dan lain-lain

Dari beberapa potensi masalah yang bisa saja ditimbulkan, ia berharap dengan berdirinya Pos Bhabinkamtibmas ini dapat mengatasi masalah tersebut.

“Pos Bhabinkamtibmas akan dilengkapi fasilitas seperti WIFI gratis untuk anak-anak sekolah, remaja dan masyarakat di bawah pengawasan oleh personil bhabinkamtibmas dalam kegiatan edukasi dan peningkatan literasi digital masyarakat Pulau terluar,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Fadhil Akbar
  • Bagikan