Jalin Kolaborasi, Imigrasi Selatpanjang Gelar Kopdar Humas Instansi Pemerintah Se-Meranti

  • Bagikan

Kepulauan Meranti – Imigrasi Kelas II Selatpanjang menggagas pembentukan forum humas Kepulauan Meranti. Kegiatan yang melibatkan seluruh humas dari seluruh instansi tersebut dilaksanakan di Ballroom Grand Meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang. Rabu (07/02/24) pagi.

Dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Bambang memberikan apresiasi kepada pihak Imigrasi Selatpanjang karena kegiatan serupa sejalan dengan rencana program rutin pemda, yaitu coffee morning dengan semua pihak.

“Kegiatan ini kami hargai dan hormati. Di Pemda, akhir 2023 lalu sudah ada kegiatan coffee morning, rencananya ini rutin kami gelar. Konsep sama dengan kegiatan ini,” ujar Bambang.

Ia mengakui, hingga saat ini belum ada forum kehumasan yang dibentuk di Kepulauan Meranti. Padahal, jika ada forum kehumasan maka akan lebih mudah dan maksimal dalam hal penyebaran informasi publik ke tengah-tengah masyarakat.

“Pihak Imigrasi lebih dahulu memahami tupoksi terkait pelayanan publik. Sebelumnya memang sudah ada forum kehumasan, tapi nanti kita adakan lagi pertemuan serupa, namun pemda yang bikin,” katanya.

Ia mengaku, saat ini memang ada arahan dari pemerintah pusat terkait satu data dan berbasis elektronik. Sehingga, dari forum humas itu nantinya bisa diselaraskan mengenai informasi masing-masing instansi yang akan dikeluarkan ke publik dengan target secara nasional.

“Kita perlu menyelaraskan, mana yang informasi bersifat tertutup dan mana yang terbuka. Kami harap ada tindak lanjut setelah ini,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) Yuris Wibowo Susanto, menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan menjadi pendorong optimalisasi peran-peran pemangku kehumasan pada dinas dan satuan kerja di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan pertukaran informasi serta mendukung tugas pokok dan fungsi kehumasan di era digitalisasi. Oleh karena itu peran dan fungsi kehumasan diharapkan dapat meningkatkan citra dan reputasi positif organisasi dimata publik,” ucap Yuris.

Katanya, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk mendorong kinerja kehumasan pada instansi pemerintah, sehingga dapat menjalankan komunikasi publik dan strategi komunikasi yang tepat untuk menjembatani kebijakan-kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

Selanjutnya, Plh Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang Saiful, berharap kegiatan yang diinisiasi oleh imigrasi tersebut agar dapat diimplementasikan ke instansi masing-masing. Dia juga menyampaikan bahwa Korda kehumasan dilaksanakan dalam upaya pengembangan potensi diri dan silahturahmi serta berbagi informasi seputar dunia kehumasan.

“Humas merupakan ujung tombak pergerakan sebuah organisasi, wajah dari sebuah transparansi dan merupakan wadah inspirasi. Peran dan fungsi kehumasan diharapkan dapat menjadi corong informasi bagi masyarakat dalam rangka peningkatan citra dan reputasi baik instansi,” ucap Saiful.

Ia menjelaskan, kegiatan Kopdar ini merupakan kegiatan yang diinisiasi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang bekerjasama dengan Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) dan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kepulauan Meranti bertujuan untuk meningkatan koordinasi dan saling menguatkan dalam tugas dan fungsi kehumasan.

“Besar harapan kami untuk kegiatan ini terus terlaksana secara berkesinambungan,” harapnya.

Ia juga berharap materi yang akan disampaikan oleh narasumber dapat menjadi bekal dalam menjalankan fungsi kehumasan.

“Apa yang menjadi out put kegiatan ini dapat terwujud dan terus dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab demi terciptanya Humas Kabupaten Kepulauan Meranti yang bersinergi,” ungkapnya

 

Penulis: Muhammad Fadhil Akbar
  • Bagikan