Pembangunan Dimulai Dari Desa Lebih Efektip Untuk Mewujudkan Pemerataan Pembangunan

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,MERANTI – Pemerintah Kabupaten (pemkab) kepulauan Meranti sangat konsisten membangun Negeri yang dimulai dari Desa. Hal ini bertujuannya agar pemerataan pembangunan  diwilayah Kepulaua Meranti dapat terwujud sebagai mana diharapkan.

Pembangunan yang di awal dari Desa itu dinilain lebih efektif dalam mewujukan pemerataan Pembangunan di Kabupaten yang dikenal sebagai kabupaten  penghasil sagu terbaik didunia itu.

Selaini tu perkembangan ekonomi dan lain sebagainya akan lebih  cepat sehingga masyarakat Desa tidak kalah saing dengan masyarakat kota, di berbagai sektor termasuk sektor sumber daya Manusia (SDMnya),”ungkap bupati belum lama ini.

Sebagai bentuk komitmen Pemkab dalam mewujudkan pemrataan pembangunan terlihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur jalan di Desa-desa maupun ditingkat kecamatan.Mesti sebagaian pemabngunaqn jalan-jalan baru dilakukan pengerasan (Bast) namun setidaknya akses jalan sudah terbuka sehingga aktifitas masyarakat jauh lebih lancar dari sebelumnya.

Sampai saat ini kita belum berencana untuk membangun kantor Bupati bahkan tanahpun belum diganti rugi, alasanya kita ingin memprioritaskan pembangunan ditingkat Desa dan Kecamatan baik jalan, jembatan dan fasilitas publik lainnya, termasuk pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan ” papar Bupati.

 Muh,(45) salah seorang warga Kecamatan Rangsang Pesisir Mengakui sejak dimekarnya menjadi Kabupaten 11 tahun lalu banyak perubahan yang signifikan,jika dijaman Kabupaten Bengkalis jalan-jalan disini masih seperti gang sebagian besar belum tersentuh semenisasi sehinga dimusim hujan jalan disini berlumpur dan dimusim kemarau jalan dipenuhi debu  dan itulah yang kami alami selama bertahun-tahun sebelum Merati dimekarkan menjadi kabupaten”ungkaopnya.

Selain itu dalam pengurusan admitrasi diri atau yang lainnya kami harus kecamatam Rangsang Barat yang jarak tempuhnya cukup jauh melalui jalany ang berdebu dan berlumpur,namun saat cerita itu hanya kenangan karena saat daerah kami sudah dikemakarkan menjadi sebuah Kecamatan Yakni Kecamatan Rangsang Pesisir dalam pengurusan  admitrasi jarak tempouhnya juga sangat dekat selain itu akses jalanj uga sudah terbuka dan kami disini sudah menikmati kemudahan dangan fasilitas yang tesedia”uingkaopnya.

Untuk diketahui selain pembangunan Infstruktur jalan maupun jembatan pemkab Kepulauan Meranti juga telah membangun berbaifailitasi  publik lainya,termasuk Pembangunankesmas di setiap kecamatan dan pembangunan Penerangan listrik masukdesa,saat didesa-desasudah mendapatkan penerangan yang cukup baik,sesuai   dengan Program Pemkab “MerantiTerang Benderang”.(swl

  • Bagikan