Staf Ahli Kementerian PPN Sebut Normalisasi Sungai Sail di Pekanbaru Atasi Pendangkalan dan Penyempitan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Kementrian PPN/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Erwin Dimas bersama Penjabat walikota Pekanbaru Muflihun melakukan penelusuran Sungai Sail atau Sungai Batak sampai ke Sungai Siak Pelabuhan Sungai Duku di Pekanbaru. Penelusuran tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi sungai saat ini.

Sejumlah temuan terkait penelusuran Sungai Sail di Pekanbaru Minggu ((9/10/2022) kemarin diantaranya adalah, tidak pernah adanya penanganan sungai Sail sejak tahun 1995, sehingga sungai Sail pada hari ini terjadi pendangkalan dan penyempitan, dengan kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan banjir yang terjadi saat hujan di Pekanbaru.

“Normalisasi Sungai Sail langkah tepat untuk penanganan banjir di Kota Pekanbaru. Secara maksimal nantinya akan dilakukan koordinasi antara Pemko Pekanbaru dengan Provinsi dan pusat secara maksimal melaksanakan normalisasi sungai Sail,” kata Erwin Dimas usai menelusuri Sungai Sail.

Kenapa Sungai Sail di Pekanbaru perlu segera ditangani, karena dampak dari pendangkalan dan penyempitan sungai sail langsung kepada masyarakat.

“Walikota Pekanbaru menyetujui siang kemarin pengadaan alat berat amfibi di APBD kota. gerak cepat itu perlu,” ujar Erwin Dimas anak Bakir Alie Bupati pertama Indragiri hilir (Inhil).

Erwin Dimas yang juga cucu Datuk Bendahara Kerajaan Indragiri dalam penelusuran sungai Sail di Pekanbaru, selain menemukan permasalahan mulai dari penyempitan sungai, pendangkalan, juga menemukan persoalan sampah di bantaran sungai dan banyak sampai yang masuk ke sungai atau oknum masyarakat sengaja membuang sampah rumah tangga ke sungai.

“Nah itu yang kita diskusikan sebentar dengan Pj Wali Kota, saya kira tindak lanjut pasti ada bagaimana penanganannya, Pemkot Pekanbaru harus terus menggali, memperdalam dan memperlebar sungai,” ucap Erwin Dimas.

Diakhir Erwin Dimas menyampaikan kalau dia kembali ke Jakarta dan akan berdiskusi dengan teman-teman dari Kementerian Pekerjaan Umum, bagaimana cara turun tangan dengan teman-teman di pusat untuk membantu menangani banjir di Pekanbaru.

“Kita akan terlibat dalam penanganan banjir di Pekanbaru,” tutupnya.

Pesan ini disampaikan Erwin Dimas usai menyusuri aliran sungai Sail dalam rangka meninjau penanganan banjir di wilayah setempat, Minggu (9/10/2022) kepada Pj Wako Pekanbaru Muflihun, bisa menyelesaikan permasalahan banjir yang saat ini menjadi PR besar bagi Pekanbaru.

“Kalau jabatan Pj inikan durasinya pendek, bisa setahun atau 2 tahun. Jadi selama kurun waktu tersebut harus bisa menghasilkan satu hal yang benar-benar dampaknya itu terasa bagi masyarakat,” ujarnya kepada wartawan dan didampingi Muflihun juga.

Erwin mengatakan, salah satu program yang paling mengena ke masyarakat adalah persoalan banjir di Pekanbaru.

“Soal banjir saya pikir ini PR Penjabat Walikota Pekanbaru, gitu ya. Karena ini akan langsung berdampak kepada masyarakat,” ucap Erwin. (man)

  • Bagikan