763 Warga Pelalawan Terserang ISPA Akibat Kabut Asap, Diskes Surati Seluruh Kapus 

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Kabut asap akibat dari kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Propinsi Riau,terkhusus di Kabupaten Pelalawan sudah berdampak pada kesehatan masyarakat.Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan mencatat sebanyak 763 warga terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) sesuai data dari tanggal 16 hingga 30 Juli 2019.
Hal ini dibenarkan Asril,M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan kepada riaudetil.com, Rabu (31/7/2019).Sebanyak 763 warga yang terserang ISPA sesuai data dari 14 puskesmas se – Kabupaten Pelalawan.
Menurutnya, data dihimpun  dari tanggal 16 hingga 30 Juli 2019. Warga yang terbanyak terserang ISPA yakni di kecamatan Bunut sebanyak 135 orang.Menyusul Kecamatan Pangkalan Kerinci 126 orang. Ukui 103 orang, Pangkalan Kuras 101 orang, Pangkalan Lesung 76 orang, Pelalawan 50 orang, Langgam 45 orang, Bandar Petalangan 40 orang, Kerumutan 38 orang, Bandar Seikijang 33 orang,Kuala Kampar 16 orang dan Teluk Meranti 11 orang.
” Dari tanggal 16 hingga 30 juli tersebut, warga terserang ISPA terbanyak terjadi pada tanggal 22 Juli lalu sebanyak 85 orang, ” ujarnya,” ucapnya.
Asril menyebutkan, Diskes Pelalawan telah menyurati seluruh Kepala Puskesmas (Kapus)  se – Kabupaten Pelalawan tertanggal 29 Juli kemaren agar meningkatkan kewaspadaan atas kondisi kabut asap di Kabupaten Pelalawan dengan mengambil langkah sebagai berikut :
1. Melakukan pencatatan terhadap pelayanan di puskemas setiap hari selama kondisi asap berlangsung
2. Melakukan upaya promotif dan preventif dengan meningkatkan edukasi masyarakat akan dampak kabut asap baik secara kelompok,keluarga maupun perorangan bagi kesehatan
3. Melakukan  kuratif dan rehabilitatif terhadap masyarakat yangvterkena dampak kabut asap
” Pelayanan di puskesmas dimaksimalkan.Kita berharap penanganan bagi pasien yang terserang ISPA dapat cepet dan tanggap dilakukan oleh tenaga medis di puskesmas, ” bebernya.
Kadiskes juga berharap agar masyarakat dapat menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan dan vitamin serta menggunakan masker saat beraktifitas diluar ruangan.
” Stok Masker yang tersedia di Diskes Pelalawan saat ini berjumlah 17 ribu dan terus akan disebar keseluruh kecamatan mengantisipasi kesehatan warga,” tukasnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan