Anggaran Terbatas, Diskominfo Pelalawan Efisiensikan Belanja Internet Tanpa Kesampingkan Kualitas

  • Bagikan
Pelalawan, riaudetil.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pelalawan melakukan efisiensi belanja internet dikarenakan keterbatasan anggaran tanpa menghilangkan kualitas.
Demikian disampaikan Hendri Gunawan  Kadis Kominfo Pelalawan kepada riaudetil. com, Sabtu (6/4/2019).Menurutnya, Diskominfo saat ini tidak lagi berlangganan dengan telkomsel dikarenakan telkom tak memiliki e-katalog di LKPP dan jika diteruskan sangat beresiko terhadap aspek legalitas.
” Diskominfo sudah mendapatkan penawaran yang terbaik dari penyedia internet tentang bandwidth internet yang dulunya hanya 17 Mbps menjadi 100 Mbps dikarenakan interkoneksi yang telah dilakukan dan sistem satu pintu dari Diskominfo. Efisiensi belanja internet terpusat harganya lebih murah dan lebih cepat,” paparnya.
Dengan keterbatasan anggaran dan penekanan Bupati Pelalawan agar merubah pola pikir dengan inovasi untuk pembangunan daerah, Diskominfo berupaya agar adanya efisiensi anggaran tanpa menyampingkan kualitas.
 
” Kami menyebut efisiensi belanja internet tanpa menghilangkan kualitas dengan inovasi teknologi,” ungkap Kadis Kominfo. 
 
Dilanjutkannya, Diskominfo Pelalawan sudah berhasil membuat 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) interkoneksi internet secara langsung ke Diskominfo. 
 
” Kalau sebelumnya, internet di OPD dipakai untuk satu orang user sekarang sudah tidak lagi dan layanan tersebut sudah diputus. Unruk sementara, sampai semua progress perbaikan jaringan internet selesai per OPD dibagi hak akses dengan skala pruoritas sebanyak 10 user.Setelah semua progress perbaiakan selesai, semua ASN di Kabupaten Pelalawan mendapatkan 1 user login secara merata,” bebernya.
Saat ini juga,sambung Hendri Gunawan,  Diskominfo Pelalawan telah mempunyai tim NOC (Network Operation Center ) yang bertugas memonitir penggunaan internet dan apabila terdapat gangguan,tim akan segera ke tujuan untuk memperbaikinya.
” Ubtuk sekarang, di kabtir Bupati belum selesai dibenahi dikarenakan harus mengurai satu  – persatu jalur koneksi yang berkaitan dengan server. Server – server ini akan dibersihkan jalurnya agar kedepan lalu lintas data menjadi lancar dan baik,” tukasnya.  (ZoelGomes)
  • Bagikan