Berinovasi Dengan Saber Mempro,Disdukcapil Pelalawan Berikan Kemudahan Urus Adminduk Anak. Dewan Apresiasi 

  • Bagikan
Pelalawan,riaudetil.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan sejak agustus 2019 lalu telah melaksanakan inovasi baru yakni Satu Berkas Minimal Empat Produk (Saber Mempro) berupa pemberian NIK anak lahir, cetak KK baru, cetak akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA).
Demikian disampaikan Nipto Anin Kepala Disdukcapil Pelalawan melalui sekretaris Joni Naidi kepada awak media di Gedung DPRD Pelalawan yang disaksikan juga oleh anggota Komisi 1 DPRD Pelalawan Faisal, SE. M. Si politisi PAN, Selasa (22/10/2019).Menurutnya, Saber Mempro merupakan produk inovasi Disdukcapil Pelalawan merupakan akses yang memudahkan ibu hamil saat memeriksakan kehamilannya ke RSUD,puskesmas,rumah bersalin, klinik, bidan dan akan ditanyakan kelengkapan administrasi kependudukan (Adminduk)  kepada ibu hamil.
” Kelengkapan adminduk yang ditanyakan yakni KTP, KK, surat nikah.Ketika semua adminduk lengkap maka pihak RSUD, puskesmas, rumah bersalin, klinik dan bidan akan mengirimkan datan ke ke grup WA Saber Mempro dan dilanjutkan proses di Disdukcapil,pihak RSUD, puskesmas,bidan,klinik dan rumah bersalin akan mengirimkan surat keterangan lahir dan nama anak dan akan dicek kebenarannya oleh pihak Disdukcapil, ” ucapnya.
Setelah data lengkap dan sesuai, sambung Joni Naidi, maka Saber Mempro) berupa pemberian NIK anak lahir, cetak KK baru, cetak akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) akan dicetak dan diantarkan ditempat anak dilahirkan.
” Jika malam anak dilahirkan maka Saber Mempro akan bisa diantar ke tempat anak dilahirkan sekira sore. Ini memudahkan masyarakat agar tidak lagi mengurus adminduk untuk anak seperti akta kelahiran ke Disdukcapil tapi malah balik diantarkan oleh Disdukcapil,” ungkapnya.
Sementara itu, Faisal, SE. M. Si politisi PAN yang juga anggota Komisi 1 DPRD Pelalawan menyampaikan apresiasi terhadap langkah dan gerak Disdukcapil dalam berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 
 
” Ya program Saber Mempro ini tentunya sangat membantu masyarakat terutama dalam pelayanan adminduk. Masyarakat tak susah – susah lagi mendatangi Disdukcapil tapi malah sebaliknya adminduk anak seperti akta lahir diantarkan. Kita berharap program – program inovasi dari seluruh OPD terus lahir dan direalisasikan guna memberkan lelayanan maksimal dan terbaik bagi masyarakat, ” tutupnya. (ZoelGomes)  
  • Bagikan